Pengembangan media math life berbasis android untuk meningkatkan hasil belajar

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ihtifazhuddin, Hadyan (2023) Pengembangan media math life berbasis android untuk meningkatkan hasil belajar. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hadyan Ihtifazhuddin_D94219052.pdf

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Math Life berbasis android guna meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bangun ruang sisi datar. Hasil belajar penting dalam pembelajaran, sebagai tolak ukur pemahaman peserta didik. Selama pandemi, pembelajaran daring menyebabkan learning loss. Oleh karena itu, inovasi media pembelajaran penting untuk mencapai tujuan pembelajaran. Pengembangan media berkualitas berbasis teknologi dapat membantu peserta didik. Pendidik perlu menciptakan media pembelajaran menarik. Penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Waru dengan melibatkan siswa kelas VIII. Media pembelajaran ini dikembangkan menggunakan model pengembangan Plomp, yang terdiri dari tiga tahap yaitu tahap preliminary research, prototyping phase, dan assessment phase. Tahap pengembangan melibatkan validasi ahli media dan ahli materi. Hasil yang didapatkan pada penelitian ini yaitu: (1) Proses pengembangan media Math Life untuk meningkatkan hasil belajar sesuai dengan tiga tahap model pengembangan Plomp. Pada tahap preliminary research peneliti menemukan sistem pembelajaran yang diterapkan yaitu pembelajaran konvensional kurikulum 2013 dan menggunakan metode ceramah. Pada tahap prototyping phase peneliti membuat desain media pembelajaran Math Life seperti cover, isi yang dimuat dalam media pembelajaran Math Life menggunakan aplikasi Unity. Dan terakhir yaitu tahap assessment phase dimana validasi media pembelajaran dilakukan oleh validator ahli, dan di uji ke peserta didik kelas VIII di SMPN 1 Waru. (2) Penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Math Life dinyatakan valid oleh validator ahli dengan nilai rata-rata kevalidan 4,16. (3) Media pembelajaran ini juga praktis secara teori dan praktik, dengan nilai rata-rata persentase 83,42 dan rata-rata respon peserta didik 88,7%. (4) Media pembelajaran Math Life terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa, dengan persentase ketuntasan hasil belajar mencapai 100%. (5) Dalam uji terbatas, media pembelajaran Math Life mampu meningkatkan hasil belajar siswa dengan N-gain sebesar 0,65.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ihtifazhuddin, Hadyanhadyanifhan@gmail.comD94219052
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYanti, Aning Widaaning.widayanti@uinsby.ac.id0007128007
Thesis advisorKurniawan, Agus Prasetyosugaghost@gmail.com2021088301
Subjects: Matematika
Matematika
Keywords: Media pembelajaran; math life; unity; hasil belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Hadyan Ihtifazhuddin
Date Deposited: 28 Jul 2023 03:28
Last Modified: 28 Jul 2023 03:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63872

Actions (login required)

View Item View Item