Analisis Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Matematika Sekolah Dasar Kelas IV

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Saputra, Hadi (2023) Analisis Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Matematika Sekolah Dasar Kelas IV. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hadi Saputra_D07219012 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pernelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka pada mata pelajaran matematika sekolah dasar kelas IV. Penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis perbedaan antara kurikulum 2013 dengan kurikulum merdeka pada mata pelajaran matematika sekolah dasar kelas IV. Adapun khususnya untuk mengetahui tentang perubahan-perubahan yang perlu diperhatikan oleh satuan pendidikan dalam kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka. Isi penelitian ini merupakan bahasan hasil analisa terhadap dua kurikulum tetap yang ada di Indonesia meliputi kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka. Data yang akan dianalisis terkhusus pada kurikulum mata pelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif jenis penelitian kualitatif kepustakaan (LIbrary Research). Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen nun tes berupa dokumentasi terhadap dokumen kurikulum 2013, kurikulum merdeka, dokumen mata pelajaran matematika kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan analisis terhadap komponen kurikulum, konsep kurikulum (meliputi aspek kerangka dasar, kompetensi yang dituju, struktur kurikulum, pembelajaran, penilaian, dan perangkat yang disediakan oleh pemerintah), dan juga materi matematika jenjang sekolah dasar kelas IV. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya perubahan yang terjadi dalam kurikulum merdeka. Kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka mempunyai tujuan yang sama yaitu membentuk peserta didik yang memjukan negara Indonesia dengan cara yang berbeda. Kebaruan-kebaruan yang dilakukan dalam kurikulum merdeka sesuai dengan visi pendidikan di Indonesia. Mulai dari tujuan yang mana dalam kurikulum 2013 memberikan pelajaran yang terstruktur dan utuh, sedangkan dalam kurikulum merdeka memberikan pembebasan dalam pembelajaran serta terfokus pada pengembangan softskill dan karakter peserta didik. Komponen konsep kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka memiliki perbedaan ditiap aspek, diantaranya pada komponen landasan kurikulum, kompetensi yang dituju, struktur kurikulum, pembelajaran, penilaian, dan juga perangkat pembelajaran. Selain itu, komponen materi matematika jenjang sekolah dasar kelas IV disusun dan disampaikan secara berbeda antara kurikulum 2013 dengan kurikulum merdeka. Kurikulum 2013 disajikan secara utuh dan berurutan, sedangkan kurikulum merdeka disajikan tidak berurutan yang terbagi pada semester 1 dan semester 2.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Saputra, Hadihadi35195@gmail.comD07219012
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNadlir, Nadlirnadlir@uinsby.ac.id2022076802
Thesis advisorJuhaeni, Juhaenithinasafar@gmail.com2030078604
Subjects: Kurikulum
Matematika
Keywords: Matematika; Kurikulum 2013; Kurikulum Merdeka
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Hadi Saput Hadi Saputra
Date Deposited: 28 Jul 2023 03:55
Last Modified: 28 Jul 2023 03:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63880

Actions (login required)

View Item View Item