Pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif Microsoft Sway terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran IPA Kelas IV di MI Hidayatussibyan Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wadud, Ahmad Jauharul (2023) Pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif Microsoft Sway terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran IPA Kelas IV di MI Hidayatussibyan Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Jauharul Wadud_D97219059 ok.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pada masalah siswa yang merasa bosan, kurang tertarik dan kurang terlibat aktif dalam mengikuti proses pembelajaran IPA, sehingga membuat minat belajar siswa rendah. Indikasinya adalah terdapat siswa yang mengantuk, siswa yang ramai dan siswa yang sibuk dengan dunianya sendiri. Salah satu faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa yaitu media yang digunakan oleh guru. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran interaktif Microsoft Sway terhadap minat belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA. 2) Untuk mengetahui peningkatan minat belajar siswa kelas IV setelah diterapkan media Microsoft Sway pada mata pelajaran IPA. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis metode penelitian yakni quasi experiment dengan desain nonequivalent control group. Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas IV MI Hidayatussibyan Lamongan menggunakan teknik sampling jenuh yaitu kelas eksperimen (IVB) dan kelas kontrol (IVA). Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji–t dan penghitungan nilai N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 76,72, sedangkan kelas kontrol sebesar 73,95. Rata-rata posttest kelas eksperimen yaitu sebesar 86,11, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 79,40. Hasil uji–t diperoleh Thitung > Ttabel yakni 6,473 > 1,688, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini berarti ada perbedaan minat belajar siswa setelah diterapkan media Microsoft Sway pada pembelajaran IPA kelas IV di MI Hidayatussibyan Lamongan. Hasil penghitungan uji N-Gain terhadap minat belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 0,40 (kategori sedang) dan kelas kontrol sebesar 0,21 (kategori rendah).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wadud, Ahmad Jauharulahmadjauh26@gmail.comD97219059
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWakhidah, Nurnurwakhidah@uinsby.ac.id2015127201
Thesis advisorIndayati, Tatikindayatitatik@uinsby.ac.id197407172014112003
Subjects: Minat Siswa
Keywords: Media Microsoft Sway; minat belajar siswa; pembelajaran IPA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ahmad Jauharul Wadud
Date Deposited: 28 Jul 2023 07:08
Last Modified: 28 Jul 2023 07:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63881

Actions (login required)

View Item View Item