Penggunaan media manipulatif papan diagram (padi) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pengolahan data di kelas V MIN 1 Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azizah, Laelatul (2023) Penggunaan media manipulatif papan diagram (padi) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pengolahan data di kelas V MIN 1 Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Laelatul Azizah_D07219019.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan bertujuan : 1) Untuk mendeskripsikan penggunaan media manipulatif papan diagram (PADI) yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada materi pengolahan data di MIN 1 Kota Surabaya, 2) Untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar dengan media manipulatif papan diagram (PADI) terhadap materi pengolahan data pada siswa kelas V di MIN 1 Kota Surabaya. Metode penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus dengan empat tahap yaitu: 1) Perencanaan, 2) Pelaksaan, 3) Observasi, 4) Refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V-A MIN 1 Kota Surabaya yang berjumlah 36 siswa dengan 18 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penggunaan media manipulatif papan diagram (PADI) telah terlaksana dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari perolehan nilai aktivitas guru pada siklus I yaitu 77,8 (Cukup) meningkat menjadi 91,6 (Sangat Baik) pada siklus II. Adapun nilai aktivitas siswa pada siklus I yaitu 75 (Cukup) meningkat menjadi 91,6 (Sangat Baik) pada siklus II. 2) Hasil belajar siswa kelas V-A pada materi pengolahan data mengalami peningkatan setelah menggunakan media manipulatif papan diagram. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 72,2% (Cukup) menjadi 86% (Baik) pada siklus II.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azizah, Laelatullaelatulazizah20@gmail.comD07219019
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinbudinsihab77@gmail.com2020027701
Thesis advisorYanti, Aning Widaaning.widayanti@uinsby.ac.id0007128007
Subjects: Matematika
Pendidikan
Pendidikan > Media
Keywords: Media manipulatif papan diagram; hasil belajar; pengolahan data
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Laelatul Azizah
Date Deposited: 28 Jul 2023 03:36
Last Modified: 28 Jul 2023 03:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63883

Actions (login required)

View Item View Item