Implementasi pembelajaran kitab Akhlak III Banin Jilid I dalam menguatkan pendidikan karakter di MTs N 04 Madiun

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitriyah, Latifatul (2023) Implementasi pembelajaran kitab Akhlak III Banin Jilid I dalam menguatkan pendidikan karakter di MTs N 04 Madiun. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Latifatul Fitriyah_D71219069 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang MTs N 04 Madiun melakukan pembelajaran kitab Akhlak Lil Banin Jilid 1 adalah karena setelah adanya perubahan perilaku dan karakter peserta didik MTs N 04 Madiun setelah pembelajaran daring (selama pandemic), sehingga pembelajaran kitab tersebut mempunyai tujuan untuk memperbaiki, menata kembali dan menguatkan karakter peserta didik MTs N 04 Madiun. Pembelajaran kitab Akhlak Lil Banin Jilid 1 merupakan pelajaran tambahan dengan sumber belajar kitab klasik yakni kitab Akhlak Lil Banin Jilid 1 karya Syaikh Umar bin Ahmad Bardja. Tujuan dari adanya penelitian ini adalah untuk mengetahui Perencanaan Pelaksanaan, serta Evaluasi dari adanya pembelajaran kitab tersebut. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif melalui pendekatan studi kasus. Penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi dalam mengambil data. Serta menggunakan teknik kondensasi data, Penyajian data, dan kesimpulan untuk menganalisis data. Hasil yang ditunjukkan dari penelitian ini adalah: (1) Perencanaan pembelajaran kitab tersebut diantaranya dengan menyusun perencanan secara jangka panjang yang meliputi tujuan pembelajaran, menyusun alokasi waktu, media pembelajaran, metode yang digunakan, sumber belajar yang digunakan serta evaluasi pembelajaran (2) Pelaksanaan pembelajaran kitab tersebut dilaksanakan dengan menggunakan metode wetonan, habit forming (pembiasan), keteladanan, dan reward punishment, dengan media pembelajaran kitab Akhlak Lil Banin Jilid 1, microfon, dan sound sistem. Serta menggunakan sumber belajar kitab karya Syaikh Umar bin Ahmad Bardja yakni kitab Akhlak Lil Banin Jilid 1 (3) Evaluasi dilakukan melalui observasi oleh semua Bapak/Ibu Guru yang kemudian disimpulkan oleh wali kelas dengan memberikan predikat mulai dari sangat baik, baik, cukup dan kurang mengenai sikap spiritual dan sikap sosial peserta didik baik ketika proses pembelajaran ataupun diluar proses pembelajaran. Hasil yang didapatkan dari adanya pembelajaran kitab Akhlak Lil Banin Jilid 1 yakni dapat menguatkan pendidikan karakter peserta didik MTs N 04 Madiun.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitriyah, Latifatullathifaa24@gmail.comD71219069
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyafi'i, ImamUNSPECIFIED197011202000031002
Thesis advisorLuqna Hunaida, WiwinUNSPECIFIED197402072005012006
Subjects: Akhlak > Akhlak Mulia
Keywords: Pembelajaran kitab; Akhlak Lil Banin; pendidikan karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Latifatul Fitriyah
Date Deposited: 28 Jul 2023 08:08
Last Modified: 28 Jul 2023 08:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63886

Actions (login required)

View Item View Item