Pengaruh kegiatan remaja masjid terhadap sikap toleransi beragama peserta didik di SMA Negeri Mojoagung Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Habibullah, Muhammad Naufal (2023) Pengaruh kegiatan remaja masjid terhadap sikap toleransi beragama peserta didik di SMA Negeri Mojoagung Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhamad Naufal Habibullah_D01219038 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Secara umum sikap toleransi peserta didik di SMA Negeri Mojoagung Jombang sudah baik. Kemudian SMA Negeri Mojoagung Jombang membentuk Remaja Masjid Al-Ihsan. Di dalam kegiatan Remaja Masjid tersebut salah satunya yaitu terdapat kajian Islami. Di khawatirkan terdapat kajian yang kurang sejalan dengan ahlus sunnah wal jamaah sehingga peserta didik dapat terpengaruh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan remaja masjid di SMA Negeri Mojoagung Jombang, 2) Untuk mengetahui sikap toleransi beragama peserta didik di SMA Negeri Mojoagung Jombang, 3) Untuk mengetahui pengaruh kegiatan remaja masjid terhadap sikap toleransi beragama peserta didik di SMA Negeri Mojoagung Jombang. Jenis penelitian yang dilakukan penulis yaitu penelitian lapangan dengan metode kuantitatif dengan tujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel (variabel X dan variabel Y) dan mengetahui pengaruh variabel X terhadap variabel Y. Teknik sampel yang digunakan penelitian ini adalah sampling random (random sampling). Data diperoleh dengan teknik observasi, angket, dan dokumentasi. Serta penggunaan analisisnya menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: 1) kegiatan remaja Masjid Al-Ihsan di SMA Negeri Mojoagung sudah berjalan dengan baik dengan mengacu kepada hasil angket yang dihitung melalui aplikasi Ms. Excel dengan presentase 85%. 2) Sikap toleransi beragama peserta didik SMA Negeri Mojoagung bersikap baik dan menjunjung tinggi toleransi dengan mengacu kepada hasil angket yang dihitung melalui aplikasi Ms. Excel dengan presentase 85%. 3) Terdapat pengaruh kegiatan remaja masjid (variabel X) terhadap sikap toleransi beragama peserta didik (variabel Y) dari hasil uji regresi linear sederhana yang dilakukan peneliti didapatkan hasil nilai signifikansinya yaitu 0,003 lebih kecil dari 0,05.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Habibullah, Muhammad Naufalgopifal@gmail.comD01219038
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFaizin, Moh.faizin-ahwan@yahoo.com2015087202
Thesis advisorRidwan, Auliyaaridwan@uinsby.ac.id2011058502
Subjects: Ibadah
Islam > Organisasi
Pendidikan Islam
Keywords: Kegiatan remaja masjid; sikap toleransi; beragama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Naufal Habibullah
Date Deposited: 28 Jul 2023 04:10
Last Modified: 28 Jul 2023 04:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63889

Actions (login required)

View Item View Item