Peningkatan hasil belajar siswa pada materi suhu dan kalor melalui media powerpoint interaktif pada siswa kelas V b MINU Wedoro Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitrianti, Yuyun (2023) Peningkatan hasil belajar siswa pada materi suhu dan kalor melalui media powerpoint interaktif pada siswa kelas V b MINU Wedoro Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yuyun Fitrianti_D07219032.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan karena hasil belajar IPA siswa kelas V-B yang masih dikategorikan rendah yang disebabkan oleh kurangnya variasi penggunaan media saat kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi, saat pembelajaran guru hanya memanfaatkan media gambar yang ada pada buku tema, sehingga pada saat kegiatan pembelajaran banyak siswa yang terlihat pasif dan kurang memperhatikan penjelasan guru. Selain itu, data hasil nilai pra siklus sebesar 36,7% siswa atau 11 dari 30 siswa kelas V-B yang mendapat nilai diatas KKM. Peneliti melakukan usaha perbaikan pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas, dengan menggunakan media pendukung powerpoint interaktif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan : 1) Untuk mengetahui penerapan media powerpoint interaktif dalam meningkatkan hasil belajar siswa materi suhu dan kalor di kelas V-B MINU Wedoro Sidoarjo. 2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa materi suhu dan kalor melalui media powerpoint interaktif pada siswa kelas V-B MINU Wedoro Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas model Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus memiliki 4 tahapan yaitu: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Pengamatan dan 4) Refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V-B MINU Wedoro Sidoarjo yang berjumlah 30 siswa dengan 14 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penerapan media powerpoint interaktif dapat terlaksana dengan baik terlihat dari peningkatan aktivitas guru pada siklus I sebesar 75 termasuk (cukup), pada siklus II meningkat menjadi 92,5 (sangat baik). Aktivitas siswa pada siklus I sebesar 63,9 (cukup) siklus II meningkat menjadi 88,9 (baik). 2) Hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah penerapan media powerpoint interaktif yang ditandai dengan meningkatnya persentase kentuntasan belajar siswa pada pra siklus persentasenya sebesar 36,7% (sangat kurang) kemudian pada siklus I meningkat sebesar 16,63% menjadi 53,33% (kurang), kemudian pada siklus II meningkat sebesar 30% menjadi 83,3% (Baik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitrianti, Yuyunyuyunfitrianti673@gmail..comD07219032
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWakhidah, Nurnurwakhidah@uinsby.ac.id2015127201
Thesis advisorIndayati, Tatikindayatitatik@uinsby.ac.id-
Subjects: Belajar
Pendidikan > Media
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Hasil belajar siswa; suhu dan kalor; media powerpoint interaktif
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yuyun Fitrianti
Date Deposited: 31 Jul 2023 07:04
Last Modified: 31 Jul 2023 07:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63899

Actions (login required)

View Item View Item