Pengaruh media serial anime terhadap keterampilan menyimak cerita fiksi pada siswa kelas VI di MI MURNI SUNAN DRAJAT Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aflahuddin, Muhammad Fanany (2023) Pengaruh media serial anime terhadap keterampilan menyimak cerita fiksi pada siswa kelas VI di MI MURNI SUNAN DRAJAT Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Fanany Aflahuddin_D97219092.pdf

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini mengangkat tentang guru yang masih banyak menggunakan media atau strategi tradisional yang membuat siswa pasif dan tidak tertarik pada pembelajaran di kelas. Akibatnya keterampilan menyimak siswa tergolong rendah dalam pembelajaran dikarenakan media yang digunakan guru baik kurang menarik ataupun masih tradisional. Media dengan menggunakan media modern cocok untuk anak zaman sekarang yang lebih tertarik dengan segala macam teknologi. Dibandingkan dengan lingkungan belajar lainnya, lingkungan serial anime merupakan lingkungan belajar terkini yang memanfaatkan perkembangan teknologi dan trend di bidang Pendidikan. Oleh karena itu, ketrampilan menyimak tidak hanya dilakukan dengan mendengarkan saja, tetapi dari melihat, mendegarkan dan menyimak melalui media serial anime dapat membuat tujuan menyimak cerita fiksi menjadi tercapai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh media serial anime terhadap keterampilan menyimak cerita fiksi pada siswa kelas VI di MI Murni Sunan Drajat Lamongan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif berjenis quasi eksperimen dalam bentuk pre-post-test non-equivalent control group design. Selanjutnya penelitian ini terdapat dua kelompok kelas yang akan dijadikan sampel yaitu, kelas 6D sebagai kelas control yang berjumlah 27 siswa dan kelas 6F sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan penilaian produk membuat rangkuman. Hasil perhitungan uji normalitas dengan menggunakan uji Shapiro Wilk mendapatkan nilai Sig (2-tailed) lebih besar daripada 0,05 baik kelas kontrol maupun kelas eksperimen yaitu 0,405 dan 0,687 > 0,05, maka dapat diartikan bahwa data berdistribusi normal. Sedangkan pada hasil perhitungan uji homogenitas dengan menggunakan uji Levene didapatkan nilai Sig (2-tailed) lebih besar daripada 0,05 yaitu 0,865 > 0,05, maka dapat disimpulkan data memiliki variansi homogen. Kemudian dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji independent sampel T-test dengan uji dua pihak (Two Tail Test) didapatkan nilai Sig. (2-tailed) lebih kecil daripada 0,05 yaitu 0,002 < 0,05, sehingga H1 diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil analisis data di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signigikan penggunaan media serial anime terhadap keterampilan menyimak cerita fiksi pada kelas VI MI Murni Sunan Drajat Lamongan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aflahuddin, Muhammad Fananymuhammadfananyaflahuddin@gmail.comD97219092
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAlfin, Jauharotijauharotialfin@uinsby.ac.id2006067301
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinbudinsihab77@gmail.com2020027701
Subjects: Keterampilan
Pendidikan
Pendidikan > Media
Keywords: Serial anime; keterampilan; cerita fiksi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muhammad Aflahuddin
Date Deposited: 21 Jul 2023 07:47
Last Modified: 21 Jul 2023 07:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63900

Actions (login required)

View Item View Item