Pengaruh media Pop Up Book pada materi daur hidup hewan terhadap minta belajar peserta didik kelas IV Minu Wedoro tahun pelajaran 2022/2023

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Firdaus, Alfira Nur Azizah (2023) Pengaruh media Pop Up Book pada materi daur hidup hewan terhadap minta belajar peserta didik kelas IV Minu Wedoro tahun pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alfira Nur Azizah Firdaus_D77219037.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pembelajaran Ipa di kelas IV terlihat tidak begitu menarik karena selama ini guru hanya menggunakan media berupa buku teks yang biasanya sudah tersedia, hal tersebut menyebabkan minat belajar peserta didik rendah. Indikasinya adalah masih terdapat siswa yang mengantuk, siswa yang ramai dan siswa yang sibuk dengan dunianya sendiri. Hal ini juga dikarenakan kurangnya penggunaan media yang merangsang minat siswa dalam pembelajaran Ipa. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh media pop up book terhadap minat belajar peserta didik pada materi daur hidup hewan kelas IV MINU Wedoro tahun pelajaran 2022/2023 2) Untuk mengetahui bagaimana peningkatan minat belajar peserta didik setelah diterapkan media pop up book pada materi daur hidup hewan kelas IV MINU Wedoro tahun pelajaran 2022/2023. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis metode penelitian yakni quasi experiment dengan desain nonequivalent control group. Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas IV MINU Wedoro Sidoarjo menggunakan purposive sampling yaitu kelas eksperimen (IVB) dan kelas kontrol (IVA). Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji-t dan penghitungan nilai N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata - rata pretest kelas eksperimen sebesar 64,54, sedangkan kelas kontrol sebesar 65,70. Rata – rata posttest kelas eksperimen yaitu sebesar 84,92, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 73,56. Hasil uji – t diperoleh Thitung > Ttabel yakni 8.741 > 1.675, sehingga Ho ditolak dan H1 diterima. Hal ini berarti ada perbedaan yang signifikan pada penggunaan media pop up book terhadap minat belajar peserta didik pada materi daur hidup hewan di kelas IV MINU Wedoro Sidoarjo. Hasil penghitungan uji N-Gain minat belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 0,58 (kategori sedang) dan kelas kontrol sebesar 0,23 (kategori rendah).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Firdaus, Alfira Nur Azizahalfiraazizah07@gmail.comD77219037
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWakhidah, Nurnurwakhidah@uinsby.ac.id2015127201
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Subjects: Belajar
Minat Siswa
Pendidikan > Media
Keywords: Media Pop Up Book; daur hidup hewan; minta belajar; peserta didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Alfira Nur Azizah Firdaus
Date Deposited: 03 Aug 2023 05:25
Last Modified: 03 Aug 2023 05:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63901

Actions (login required)

View Item View Item