Pengaruh phubbing dan self disclosure terhadap friendship quality pada dewasa awal

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dilla, Rizka Yusia Rahma (2023) Pengaruh phubbing dan self disclosure terhadap friendship quality pada dewasa awal. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rizka Yusia Rahma Dilla_J91219124 ok.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh phubbing dan self disclosure terhadap friendship quality pada dewasa awal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Penelitian ini menggunakan teknik sampling insidental dengan jumlah responden 348 dewasa awal yang berdomisili di Kota Surabaya. Pengumpulan data dilakukan secara online dengan memakai skala friendship quality, phubbing, dan juga self disclosure. Pengolahan data menggunakan uji hipotesis analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh secara parsial antara variabel phubbing (X1) dengan variabel friendship quality (Y) dengan nilai signifikansi 0,000 (<0,05) dan variabel self disclosure (X2) dengan variabel friendship quality (Y) dengan nilai signifikansi 0,000 (<0,05). Penelitian ini juga mendapatkan hasil terdapat pengaruh simultan variabel phubbing dan self disclosure terhadap friendship quality dengan nilai signifikansi 0,000 (<0,05). Besar sumbangan efektif variabel phubbing adalah 18% dan variabel self disclosure adalah 8,68%, sedangkan 73% sisanya dipengaruhi variabel lain. Kesimpulan penelitian ini adalah adanya pengaruh dari phubbing dan self disclosure baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini memberikan saran untuk masyarakat agar meletakkan handphone saat berkumpul dan juga terbuka terhadap teman, sedangkan saran untuk peneliti selanjutnya agar meneliti variabel yang belum diteliti, juga memperluas wilayah penelitian.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dilla, Rizka Yusia Rahmarizkayusia@gmail.comJ91219124
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukhoyyaroh, Tatiktatikfpk@uinsby.ac.id2011057603
Subjects: Psikologi
Psikologi Sosial
Keywords: Friendship quality; phubbing; self disclosure; dan dewasa awal
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Rizka Yusia Rahma Dilla
Date Deposited: 07 Aug 2023 06:24
Last Modified: 07 Aug 2023 06:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63902

Actions (login required)

View Item View Item