Perencanaan pengelolaan sampah sebagai upaya reduksi sampah pasar tradisional di Pasar Waru Wadungasri, Kecamatan Waru, Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Cynora, Louise Tantri Elsa (2023) Perencanaan pengelolaan sampah sebagai upaya reduksi sampah pasar tradisional di Pasar Waru Wadungasri, Kecamatan Waru, Sidoarjo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Louise Tantri Elsa Cynora_H95219047.pdf

Download (7MB)

Abstract

Pasar Baru Wadungasri merupakan salah satu dari sembilan belas pasar di Sidoarjo yang memiliki status sebagai pasar tradisional dan sebagai penghasil sampah memiliki kewajiban untuk mengelola sampah, sehingga perlu dilakukan perencanaan ulang. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menganalisis kondisi eksisting pengelolaan sampah di Pasar Baru Wadungasri, menghitung jumlah timbulan sampah, mengidentifikasi komposisi sampah yang dihasilkan, melakukan perencanaan pewadahan dan pengumpulan sampah, dan menghitung rencana anggaran biaya yang digunakan dalam perencanaan ini. Penelitian menggunakan metode kuantitatif yang berbentuk perhitungan angka-angka dengan pengukuran atau sampling timbulan dan komposisi sampah secara langsung di Pasar Baru Wadungasri berdasarkan Standar Nasional Indonesia dan melakukan observasi langsung serta wawancara dengan pengelola pasar untuk mengetahui informasi mengenai Pasar Baru Wadungasri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah rata-rata timbulan sampah pasar sebesar 4,13 kg/kios/hari dan 4,13 L/kios/hari. Sampah Pasar Baru Wadungasri didominasi oleh sampah organik sebesar 68,16% dan sampah paling sedikit adalah sampah kertas sebesar 1,83%. Setelah mengetahui timbulan dan komposisi sampah, dilakukan perencanaan pewadahan dengan menggunakan wadah sampah 2 in 1 untuk setiap kios dengan label sampah organik dan anorganik berkapasitas 40 liter berbahan dasar fiberglass. Perencanaan pengumpulan sampah dilakukan menggunakan bin sampah dorong berbahan dasar fiberglass berjumlah 20 unit dengan kapasitas 240 liter dengan 2 kali ritase pengumpulan per hari. Biaya yang direncanakan untuk menunjang perencanaan pengelolaan sampah pasar ini adalah Rp 272.811.324,48.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Cynora, Louise Tantri Elsalouisetantri@gmail.comH95219047
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNilandita, Widyawidya.nilandita@uinsby.ac.id2007108402
Thesis advisorSuprayogi, Dedydsuprayogi@uinsby.ac.id0711125102
Subjects: Lingkungan Hidup
Bahan Pustaka > Pelestarian
Pelestarian

Teknik Lingkungan
Keywords: Komposisi sampah; pewadahan sampah; pengumpulan sampah; rencana anggaran biaya; timbulan sampah
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: Louise Tantri Elsa Cynora
Date Deposited: 01 Aug 2023 06:22
Last Modified: 01 Aug 2023 06:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63907

Actions (login required)

View Item View Item