Implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila dan profil pelajar rahmatan lil’alamin dalam membentuk sikap moderasi beragama pada siswa kelas X di MAN 1 Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fauzi, Mochammad Alfan (2023) Implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila dan profil pelajar rahmatan lil’alamin dalam membentuk sikap moderasi beragama pada siswa kelas X di MAN 1 Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mochammad Alfan Fauzi_D01219034.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila dan profil pelajar rahmatan lil’alamin (P5-PPRA) dan mekanismenya dalam membentuk sikap moderasi beragama pada siswa kelas X di MAN 1 Mojolerto. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dimana data yang diperoleh berasal dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi dengan menggunakan Teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan tiga langkah yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil dari penelitian menunjukan bahwa terdapat beberapa tahap yang dilalui dalam mengimplementasikan projek penguatan profil pelajar Pancasila dan profil pelajar rahmatan lil’alamin di MAN 1 Mojokerto. Mulai dari tahap awal yang meliputi membentuk tim fasilitator projek, mengidentifikasi kesiapan Madrasah, merancang dimensi, tema dan alokasi waktu, menyusun modul projek, dan dilanjutkan pada tahap kedua yang berupa pelaksanaan projek serta tahap terakhir adalah asesmen dan refleksi. Dalam membentuk sikap moderasi beragama pada siswa kelas X terdapat beberapa cara tertentu yang harus diperhatikan. Cara tersebut yaitu dengan memilih tema projek yang paling sesuai dengan tujuan yang diinginkan yaitu bermuara pada pembentukan sikap moderasi beragama, kemudian menentukan capaian dimensi (P5) dan nilai (RA) agar selaras dengan tujuan utama moderasi beragama, dan terakhir yaitu merancang kegiatan/pelaksanaan projek untuk diarahkan pada pembentukan sikap moderasi beragama pada diri siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fauzi, Mochammad Alfanmoh.alfanfauzi07@gmail.comD01219034
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZaini, Achmadzainiazami@yahoo.com2012057001
Thesis advisorDwijo, Al Qudus Nofiandri Eko Sucipto----
Subjects: Belajar
Kurikulum
Pendidikan Islam
Keywords: Profil pelajar Pancasila; profil pelajar rahmatan lil alami, moderasi beragama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mochammad Alfan Fauzi
Date Deposited: 01 Aug 2023 06:27
Last Modified: 01 Aug 2023 06:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63910

Actions (login required)

View Item View Item