Implementasi kegiatan muslimah madani dalam mencapai profil pelajar pancasila di SMAN 3 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramadhan, Azril (2023) Implementasi kegiatan muslimah madani dalam mencapai profil pelajar pancasila di SMAN 3 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Azril Ramadhan_D91219103.pdf

Download (12MB)

Abstract

Kegiatan muslimah madani merupakan program unggulan yang ada di SMAN 3 Sidoarjo. Kegiatan ini berisi kajian pada Jumat siang berfungsi untuk menyeimbangan antara peserta didik laki-laki dan peserta didik perempuan dalam menambah wawasan keagamaan. Tujuan penelitian ini yakni: 1) mengetahui desain implementasi kegiatan muslimah madani di SMAN 3 Sidoarjo; 2) implementasi kegiatan muslimah madani dalam mencapai profil pelajar pancasila di SMAN 3 Sidoarjo; 3) evaluasi kegiatan muslimah madani di SMAN 3 Sidoarjo. Jenis penelitian ini termasuk field research atau penelitian lapangan yang dianalisis melalui pendekatan kualitatif untuk mencapai tujuan penelitian di atas. Penelitian ini dianggap sesuai dengan penelitian karena mengungkapkan implementasi kegiatan muslimah madani dalam mencapai profil pelajar pancasila. Pengumpulan data dalam penelitian ini memanfaatkan teknik observasi, wawancara, serta dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisa data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Desain Implementasi Kegiatan Muslimah Madani di SMAN 3 Sidoarjo terbagi menjadi dua, yaitu pembentukan kepengurusan dan penyusunan jadwal kegiatan muslimah madani. 2) Implementasi Kegiatan Muslimah Madani dalam Mencapai Profil Pelajar Pancasila di SMAN 3 Sidoarjo dilaksankan menggunakan strategi ekspositori yang menyesuaikan dengan materi yang disampaikan dan materi tersebut memiliki nilai profil pelajar pancasila. 3) Evaluasi Kegiatan Muslimah Madani di SMAN 3 Sidoarjo dilakukan setiap semester yang dipimpin oleh ketua kegiatan muslimah madani beserta koordinator.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramadhan, Azrilazrilr45@gmail.comD91219103
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyaifuddin, Syaifuddinsyaifuddin_mr@yahoo.co.id2029116901
Thesis advisorAmrullah, Amrullahaamrullahaziz@gmail.com2003097303
Subjects: Pancasila
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Manajemen
Wanita dalam Islam
Keywords: mplementasi; muslimah madani; profil pelajar Pancasila
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Azril Ramadhan
Date Deposited: 01 Aug 2023 06:02
Last Modified: 01 Aug 2023 06:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63921

Actions (login required)

View Item View Item