Pengembangan perangkat pembelajaran matematika model kooperatif tipe ttw dengan pendekatan rme untuk melatih kemampuan komunikasi matematis

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afifah, Faridatur Rochmah Dwi (2023) Pengembangan perangkat pembelajaran matematika model kooperatif tipe ttw dengan pendekatan rme untuk melatih kemampuan komunikasi matematis. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Faridatur Rochmah Dwi Afifah_D74216092.pdf

Download (9MB)

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis yang telah dimiliki oleh siswa, tentu akan lebih bermanfaat apabila dapat dikomunikasikan kepada oranglain. Hal tersebut akan tercapai apabila didukung oleh model pembelajaran yang juga menuntut adanya komunikasi matematis di dalamnya. Oleh sebab itu penulis ingin mengembangkan perangkat pembelajaran matematika model kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) yang dapat melatih kemampuan komunikasi matematis siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu menjelaskan proses pengembangan, kevalidan, dan kepraktisan dari pengembangan perangkat pembelajaran model kooperatif tipe Think Talk Write dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) serta untuk melihat bagaimanakah kemampuan komunikasi matematis yang dimiliki oleh siswa. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari fase analisis (Analysis), perancangan (Design), pengembangan (Development), penerapan (Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Siswa (LKS) pada materi SPLDV. Uji coba dilakukan pada 31 siswa kelas VIII-F SMP Negeri 1 Waru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah catatan lapangan untuk data proses pengembangan perangkat, teknik validasi untuk data kevalidan dan kepraktisan perangkat, dan teknik tes tulis untuk data kemampuan komunikasi tertulis matematis siswa. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini yaitu : (1) Proses pengembangan tahap analysis, didapatkan bahwa guru masih menggunakan pembelajaran secara langsung dengan kurikulum 2013. Tahap design, pembuatan rancangan perangkat pembelajaran sesuai model kooperatif tipe TTW dengan pendekatan RME. Tahap development, pembuatan perangkat pembelajaran dan validasi kepada validator ahli. Tahap implementation, perangkat pembelajaran diterapkan pada siswa kelas VIII-F di SMP Negeri 1 Waru. Tahap evaluation, peneliti menilai hasil komunikasi matematis siswa. (2) Perangkat pembelajaran telah dinyatakan “valid” dengan nilai validitas RPP 4,25 dan LKS 4,18. (3) Perangkat pembelajaran telah dinyatakan “praktis”, dengan nilai kepraktisan RPP dan LKS masing-masing menyatakan “dapat dipergunakan tanpa revisi” dari seorang validator dan “dapat dipergunakan dengan sedikit revisi” dari dua orang validator. (4) Hasil kemampuan komunikasi tertulis matematis siswa diperoleh 45,16% tergolong sangat tinggi dan 54,84% tinggi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afifah, Faridatur Rochmah Dwirda.farida@gmail.comD74216092
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetyawati, Maunahmaunah_iain@yahoo.com--
Thesis advisorSadieda, Lisanul Uswahlisanuluswah@uinsby.ac.id2026098302
Subjects: Matematika
Pendidikan
Keywords: Pengembangan; kooperatif; think talk write; realistic mathematics education; komunikasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Faridatur Rochmah Dwi Afifah
Date Deposited: 01 Aug 2023 06:11
Last Modified: 01 Aug 2023 06:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63924

Actions (login required)

View Item View Item