Peran program kelas khusus keagamaan dalam membentuk karakter religius pada interaksi sosial peserta didik di SMA Wachid Hasyim 2 Taman Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ismaniyah, Farihatul (2023) Peran program kelas khusus keagamaan dalam membentuk karakter religius pada interaksi sosial peserta didik di SMA Wachid Hasyim 2 Taman Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Farihatul Ismaniyah_D01219021.pdf

Download (4MB)

Abstract

Peran Program Kelas Khusus Keagamaan disini yaitu sebuah kelas yang di desain khusus oleh sekolah sebagai ikon dalam mengembangkan nama baik sekolah SMA Wachdi Hasyim 2 Taman di bidang keagamaan. Kelas ini memiliki program yakni mempelajari kitab-kitab salaf yang ada di pondok pesantren seperti Shorof, Nahwu, Mabadi’ul Fiqih, Akhlak lil Banin, dan Tafsir Iklil Juz 30. Di dalam program kelas khusus keagamaan ini mempelajari kitab-kitab salaf secara mendalam serta mempraktikkan secara langsung dalam memahami, membaca kitab serta peserta didik akan di uji pada akhir semester. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui gambaran program kelas khusus keagamaan yang ada di SMA Wachid Hasyim 2 Taman (2) untuk mengetahui apa saja karakter religius yang tampak dalam interaksi sosial pada peserta didik di SMA Wachid Hasyim 2 Taman (3) untuk mengetahui dampak program kelas khusus keagamaan pada pembentukan karakter religius di SMA Wachid Hasyim 2 Taman. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Dalam pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi serta dokumentasi. dalam menganalisis data dilakukann dengan reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk mengecek keabsahan data dilakukan dengan Triangulasi. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Gambaran dari program kelas khusus keagamaan ini yaitu kelas yang di desain oleh SMA Wachid Hasyim 2 Taman sebagai kelas khusus untuk mempelajari materi keagamaan berupa kitab-kitab salaf yang ada di pondok pesantren. Kitab-kitab yang dipelajari yaitu kitab Shorof, Nahwu, Mabadi’ul Fiqih, Akhlaq Lil Banin, dan Iklil Juz 30. Di dalam kelas ini menerapkan metode ceramah dari guru dan di praktikkan langusng oleh peserta diduk dalam membaca kitab. Untuk penilaaian akhir semester dilakukan dengan cara membaca kitab secara langsung dan disimak oleh guru. (2) Karakter religius yang nampak pada interaksi sosial peserta didik yaitu cara bicara kepada guru, kepada orang yang lebih tua, maupun dengan sebayanya, sikap sopan santun kepada guru dan orang lain, cara berjalannya lebih menunduk, cara bertanya dan cara mengungkapkan pendapat, dan cara menutup aurat, dan bersalaman ketika bertemu guru. (3) Dampak program kelas khsusus keagamaan pada pembentukan karakter religius peserta didik yaitu berdampak positif. Yakni Peserta didik bisa menimba ilmu agama lebih mendalam, menggunakan waktu luang dengan baik, melatih skill dalam membaca kitab salaf, lebih giat dalam beribadah, serta memiliki interaksi yang baik dengan teman maupun guru.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ismaniyah, Farihatuld01219021@student.uinsby.ac.idD01219021
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNiam, Khoirun--2025077001
Thesis advisorAssegaf, Abdurrahmanprofassegaf@gmail.com2012036402
Subjects: Sosiologi Islam
Keywords: Peran; kelas khusus keagamaan; karakter religius; interaksi sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Farihatul Ismaniyah
Date Deposited: 01 Aug 2023 06:16
Last Modified: 01 Aug 2023 06:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63925

Actions (login required)

View Item View Item