Konstruktivisme kehidupan beragama komunitas hindu Madura di Desa Pengalangan Menganti Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nadiroh, Siti Qisnanun (2023) Konstruktivisme kehidupan beragama komunitas hindu Madura di Desa Pengalangan Menganti Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Qisnanun Nadiroh_E02219032.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini memfokuskan pada kehidupan keberagamaan yang toleran, saling menghargai dan menghormati yang dilakukan oleh Komunitas Hindu Madura di desa Pengalangan. Dalam melakukan penelitian skripsi ini, peneliti merumuskan satu rumusan utama yaitu: 1) bagaimana konstruksi kehidupan beragama komunitas Hindu Madura di desa Pengalangan Menganti Gresik. Dengan demikian, skripsi ini bertujuan untuk menjawab persoalan dari satu rumusan masalah utama yang telah dirumuskan tersebut. Model penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) zone of proximal development pada komunitas Hindu Madura menunjukkan adanya interaksi yang diberikan oleh orang tua dan guru dalam memberi contoh tentang toleransi kepada anak dan murid mereka. 2) sosiokultural pada Komunitas Hindu Madura menunjukkan bahwa mereka mampu memanfaatkan budaya yang yang diturunkan oleh leluhur mereka tentang menghormati dan menghargai agama lain, kemudian menerapkan dalam kehidupan sehari-hari mereka. 3) Inner Speech pada komunitas Hindu Madura menunjukkan adanya kesinkronan antara contoh yang diberikan kemudian dikomunikasikan dengan dirinya berupa suara batin dengan tindakan sehari-hari mereka. 4) Scaffolding pada komunitas Hindu Madura menunjukkan bahwa bantuan yang berupa contoh dari guru dan orang tua dapat mereka laksanakan dengan baik, kemudian mereka dapat menerima sepenuhnya tentang perbedaan agama yang ada, tidak hanya menerima secara konsptual, tetapi juga dalam perilaku dan perbuatan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nadiroh, Siti Qisnanunqisnanun01@gmail.comE02219032
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNasruddin, NasruddinUNSPECIFIED197308032009011005
Subjects: Agama > Hindu
Keywords: Kehidupan beragama; toleransi; Hindu; Madura
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Siti Qisnanun Nadiroh
Date Deposited: 03 Aug 2023 03:03
Last Modified: 03 Aug 2023 03:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63930

Actions (login required)

View Item View Item