Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) untuk meningkatkan hasil belajar IPA meteri Macam-Macam Gaya pada peserta didik Kelas IV Di MIN 1 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Niswa, Nia Anisatun (2023) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) untuk meningkatkan hasil belajar IPA meteri Macam-Macam Gaya pada peserta didik Kelas IV Di MIN 1 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Apel Surabaya.

[img] Text
Nia Anisatun Niswa_D97219094 ok.pdf

Download (7MB)

Abstract

Hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA di kelas IV MIN 1 Sidoarjo yang rendah menjadi latar belakang penelitian ini. Fakta tersebut terlihat dari hasil observasi nilai harian dan hasil tes pada tahap pra siklus. Data nilai harian IPA menunjukkan ketuntasan hasil belajar peserta didik kelas IV MIN 1 Sidoarjo sebesar 30% (Kurang Sekali). Peneliti melakukan wawancara terhadap guru dan peserta didik. Hasil wawancara menunjukkan bahwa model pembelajaran yang sering digunakan oleh guru adalah model pembelajaran tradisional (satu arah) dan sumber belajar peserta didik yang hanya memacu pada penjelasan guru serta buku pegangan peserta didik. Untuk peningkatan hasil belajar IPA materi macam-macam gaya di kelas IV MIN 1 Sidoarjo dimungkinkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TTW. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini yakni, 1) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaraan kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dalam meningkatkan hasil belajar IPA materi macam-macam gaya pada peserta didik kelas IV di MIN 1 Sidoarjo. 2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi macam-macam gaya setelah menerapkan model pembelajaraan kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) pada peserta didik kelas IV di MIN 1 Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas oleh Kurt Lewin dengan melaksanakan 2 siklus. Setiap siklus di dalamnya terdapat tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan instrumen yang berupa lembar observasi aktivitas guru dan peserta didik, pedoman wawancara, dan butir soal tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TTW terlaksana dengan baik, terbukti peningkatan nilai hasil observasi guru dari 64 (siklus I) menjadi 88,63 (siklus II). Nilai hasil observasi peserta didik meningkat dari 73 (siklus I) menjadi 90,90 (siklus II). 2) Peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajar IPA tahap pra siklus sebesar 30% (Kurang Sekali), pada siklus I memperoleh ketuntasan 57% (Kurang) dan siklus II meningkat menjadi 80% (Baik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Niswa, Nia Anisatunniaanisatunn@gmail.comD97219094
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWakhidah, Nurnurwakhidah@uinsby.ac.id2015127201
Thesis advisorMunawir, Munawirmunawirpgmi@gmail.com2001086501
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Model pembelajaran; model pembelajaran kooperatif tipe think talk write; hasil belajar; IPA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nia Anisatun Niswa
Date Deposited: 01 Aug 2023 08:39
Last Modified: 01 Aug 2023 08:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63944

Actions (login required)

View Item View Item