Strategi guru dalam pengoptimalan kemampuan baca tulis peserta didik Kelas B pada masa transisi Kurikulum Merdeka Belajar di TK Dharma Wanita Persatuan Lambangan Wonoayu Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Damaiyanti, Rizki Indah (2023) Strategi guru dalam pengoptimalan kemampuan baca tulis peserta didik Kelas B pada masa transisi Kurikulum Merdeka Belajar di TK Dharma Wanita Persatuan Lambangan Wonoayu Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel.

[img] Text
Rizki Indah Damaiyanti_D99219067 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya pergantian Kurikulum, serta situasi khusus pemerintah yang terpaksa menerapkan Kurikulum Darurat dan dilanjut dengan keputusan pemerintah dalam penetapan kurikulum baru yaitu Kurikulum Merdeka Belajar di masa new normal. Dalam masa pergantian kurikulum tersebut menjadi kekhawatiran mengenai perkembangan peserta didik khususnya perkembangan baca tulis peserta didik akan terganggu karena tidak bisa beradaptasi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan; (1) Untuk mengetahui strategi guru dalam mengoptimalkan kemampuan baca tulis peserta didik dalam masa penyesuaian kurikulum merdeka, (2) Untuk mengetahui kendala dalam mengoptimalkan kemampuan baca tulis peserta didik dalam masa transisi kurikulum merdeka belajar, (3) Untuk mengetahui pengimplementasian dalam mengoptimalkan kemampuan membaca dan menulis peserta didik pada masa transisi pergantian kurikulum. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian setelah semua data terkumpul untuk proses analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan guru dalam pengoptimalan kemampuan baca tulis kelas B pada masa transisi Kurikulum Merdeka Belajar adalah dengan mengadakan program Dasar literrasi yang dilakukan setelah pembelajaran inti selama 30 menit dengan empat kali pertemuan dalam seminggu. Program tersebut menggunakan model pembelajaran klasikal dan menerapkan beberapa metode pembelajaran yaitu metode tanya jawab, bercakap-cakap dan pemberian tugas. Kendala yang dihadapi guru dalam pelaksanaan program ini adalah kurangnya media pembelajaran yang diterapkan dalam proses pembelajaran, kurangnya fokus peserta didik ketika pembelajaran berlangsung. Dalam pengimplementasiannya guru mengemas sedemikian rupa agar program Dasar Literasi ini dapat berjalan sesuai dengan tujuan pembelajaran dengan menerapkan langkah-langkah pembelajaran yang hampir sama dengan pembelajaran inti yaitu kegiatan pembuka, dilanjut dengan kegiatan inti dan diakhiri dengan kegiatan penutup berupa kegiatan penguat atau recalling.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Damaiyanti, Rizki Indahrizki05indah12@gmail.comD99219067
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyafi'i, Imamimamsyafii.iwa@gmail.com2020117003
Thesis advisorDwijo, Al Qudus Nofiandri Eko SuciptoUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Peran Guru
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Minat Baca
Keywords: Strategi guru dalam pengoptimalan baca tulis peserta didik; program dasar literasi; peran guru dalam pengoptimalan baca tulis peserta didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Raudhotul Athfal
Depositing User: Rizki Indah Damaiyanti
Date Deposited: 02 Aug 2023 03:20
Last Modified: 02 Aug 2023 03:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63945

Actions (login required)

View Item View Item