Pemodelan geographically weighted regression pada Indeks Pemberdayaan Gender (IDG) di Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Solikhah, Irmadianis Fatimatus (2023) Pemodelan geographically weighted regression pada Indeks Pemberdayaan Gender (IDG) di Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Irmadianis Fatimatus Solikhah_H92219049 ok.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pengarusutamaan gender adalah salah satu strategi pembangunan nasional. Menurut KPPPA, Indeks Pemberdayaan Gender (IDG) merupakan indikator yang digunakan dalam mengukur pembangunan berbasis gender. Capaian nilai IDG di Jawa Timur lebih rendah dari capaian IDG nasional yang mengindikasikan kurangnya peran perempuan di Jawa Timur sehingga pemberdayaan gender di Jawa Timur perlu diperhatikan dan dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk memodelkan IDG di Jawa Timur menggunakan model Geographicaly Weighted Regression (GWR) serta mecari faktor-faktor yang berpengaruh signifikan terhadap IDG di Jawa Timur. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh model terbaik yaitu model GWR dengan fungsi pembobot fixed kernel bisquare, dengan nilai AIC sebesar 170.5905 dan nilai R2 sebesar 93.2289%. Fungsi pembobot fixed kernel bisquare menghasilkan 5 kelompok wilayah berdasarkan faktor-faktor yang signifikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Solikhah, Irmadianis Fatimatusirmadianis6668@gmail.comH92219049
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFanani, Arisarisfa@uinsby.ac.id2027018701
Thesis advisorYuliati, Diandian.yuliati@uinsby.ac.id2014078703
Subjects: Gender
Matematika
Keywords: Indeks Pemberdayaan Gender (IDG); Geographically Weighted Regression (GWR); fungsi Fixed Kernel Gaussian; fungsi Fixed Kernel Bi-Square; fungsi Fixed Kernel Tricube
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Irmadianis Fatimatus Solikhah
Date Deposited: 24 Jul 2023 07:35
Last Modified: 24 Jul 2023 07:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63949

Actions (login required)

View Item View Item