انتهاك المبدأ التعاوني والتضمين التحادثي في رواية "الحب تحت المطر" لنجيب محفوظ: دراسة تداولية - Pelanggaran prinsip kerja sama dan implikatur percakapan dalam novel Al Hubb Tahta Al Mathar karya Najib Mahfudz

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putra, Ferry Adi (2023) انتهاك المبدأ التعاوني والتضمين التحادثي في رواية "الحب تحت المطر" لنجيب محفوظ: دراسة تداولية - Pelanggaran prinsip kerja sama dan implikatur percakapan dalam novel Al Hubb Tahta Al Mathar karya Najib Mahfudz. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ferry Adi Putra_A91219122 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Makna tersembunyi yang tidak terungkap dalam ucapan seringkali terjadi dalam proses komunikasi. Dalam kajian pragmatik, maksud tersembunyi dari sebuah tuturan dikenal dengan Implikatur Percakapan. Implikatur percakapan juga dapat ditemukan pada media-media tulis temasuk pada novel “Al-Hubb Tahta Al-Mathar”. Oleh karena itu, rumusan masalah pada penelitian ini adalah: a) Apa saja pelanggaran prinsip kerja sama pada novel “Al-Hubb Tahta Al-Mathar” karya Najib Mahfudz?, b) Apa saja Implikatur Percakapan pada novel “Al-Hubb Tahta Al-Mathar” karya Najib Mahfudz?. Implikatur pecakapan merupakan bagian dari teori pragmatik yang dirumuskan oleh Paul Grice. Dalam teorinya, Grice menciptakan prinsip yang dikenal dengan prinsip kerja sama (cooperative principle), yang berisi kaidah yang harus dipatuhi oleh setiap penutur dalam percakapan untuk terwujudnya komunikasi yang lancar. Apabila terdapat satu saja prinsip kerja sama yang tidak dipenuhi, maka akan terjadi implikatur percakapan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Data dalam penelitian ini diperoleh berdasarkan analisis terhadap naskah novel “Al-Hubb Tahta Al-Mathar” yang kemudian diklasifikasikan sesuai dengan rumusan masalah pada penelitian ini. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan pada novel “Al-Hubb Tahta Al-Mathar” karya Najib Mahfudz, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat banyak tuturan pada novel “Al-Hubb Tahta Al-Mathar” yang melanggar prinsip kerja sama yang menyebabkan banyak terjadinya implikatur percakapan. Hal ini didasarkan pada ditemukannya: a) 21 pelanggaran prinsip kerjasama, meliputi 9 pelanggaran maksim kuantitas, 3 pelanggaran maksim kualitas, 4 pelanggaran maksim relevansi dan 5 pelanggaran maksim cara. b) 20 implikatur percakapan, meliputi 8 implikatur percakapan umum, 12 implikatur percakapan khusus dan tidak ditemukan implikatur skalar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putra, Ferry Adiadiputraferry047@gmail.comA91219122
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasyhud, Fathinfathinmasyhud@uinsby.ac.id2014057602
Thesis advisorSodikin, Sodikinsodikinalwi@uinsby.ac.id0028117206
Subjects: Bahasa Arab
Kesusastraan > Kesusastraan Arab
Keywords: Prinsip kerjasama Grice; implikatur percakapan; Al Hubb Tahta Al Mathar; Najib Mahfudz
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Ferry Adi Putra
Date Deposited: 02 Aug 2023 07:50
Last Modified: 02 Aug 2023 07:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63950

Actions (login required)

View Item View Item