Uji toksisitas Lethal Concentration (LC50-96 JAM) surfaktan Alkyl Benzene Sulfonate (ABS) dan Linear Alkyl-benzene Sulfonate (LAS) terhadap ikan guppy (Poecilia reticulata)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Julianti, Shofia Rizka (2023) Uji toksisitas Lethal Concentration (LC50-96 JAM) surfaktan Alkyl Benzene Sulfonate (ABS) dan Linear Alkyl-benzene Sulfonate (LAS) terhadap ikan guppy (Poecilia reticulata). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Shofia Rizka Julianti_H75219031 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Surfaktan merupakan kandungan detergen yang dapat menyebabkan toksisitas terhadap organisme perairan melalui degradasi senyawa. Jenis surfaktan yang banyak diproduksi di seluruh dunia adalah Alkyl Benzene Sulfonate (ABS) dan Linear Alkyl-benzene Sulfonate (LAS). Surfaktan ABS dan LAS sulit diuraikan oleh mikroorganisme dan apabila terakumulasi dalam jumlah yang banyak dapat menyebabkan pencemaran perairan dengan skala besar. Dampak yang lebih buruk dari penggunaan ABS dan LAS adalah terjadinya kematian karena berhentinya fungsi kerja organ tubuh pada ikan akibat tidak terpenuhi oksigen pada proses respirasi dan kandungan pencemar tidak bisa ditolerir oleh tubuh ikan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan nilai toksisitas LC50-96 Jam dan mengetahui klasifikasi toksisitas dari surfaktan ABS dan LAS terhadap Ikan Guppy (Poecilia reticulata). Perlakuan pada biota uji dimulai dengan tahap aklimatisasi, tahap range finding test dan tahap uji toksisitas akut dengan variasi konsentrasi toksikan 0 mg/L; 0,2 mg/L; 0,4 mg/L; 0,6 mg/L; 0,8 mg/L; dan 1 mg/L dalam waktu paparan selama 96 jam. Nilai LC50 dihitung menggunakan metode analisis probit dengan software SPSS. Hasil yang diperoleh dari uji toksisitas akut surfaktan ABS dan LAS terhadap Ikan Guppy (Poecilia reticulata) memiliki nilai LC50 sebesar 0,596 mg/L dengan klasifikasi toksisitas dikategorikan dalam kelas III yang berarti awas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Julianti, Shofia Rizkashofiarizkajulianti@gmail.comH75219031
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNilandita, Widyawidya.nilandita@gmail.com2007108402
Thesis advisorAuvaria, Shinfi Waznashinfiwazna@uinsby.ac.id2028038601
Subjects: Ikan
Lingkungan Hidup
Teknik Lingkungan
Keywords: Uji toksisitas akut; LC50; surfaktan ABS; surfaktan LAS; ikan guppy
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: Shofia Rizka Julianti
Date Deposited: 02 Aug 2023 04:34
Last Modified: 02 Aug 2023 04:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63954

Actions (login required)

View Item View Item