Manajemen layanan perpustakaan dalam mendukung prestasi akademik siswa di SMPN 17 Surabaya dan SMPN 36 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Choirotin, Umi (2023) Manajemen layanan perpustakaan dalam mendukung prestasi akademik siswa di SMPN 17 Surabaya dan SMPN 36 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Umi Choirotin_D93218108 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab fokus penelitian mengenai manajemen layanan perpustakaan SMPN 17 Surabaya dan SMPN 36 Surabaya , prestasi akademik siswa SMPN 17 Surabaya dan SMPN 36 Surabaya , dan manajemen layanan perpustakaan dalam mendukung prestasi akademik siswa di SMPN 17 Surabaya dan SMPN 36 Surabaya. Jenis penelitian ini kualitatif deskriptif dengan model multi situs. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum, waka sarana dan prasarana, kepala perpustakaan, guru, dan siswa di kedua madrasah. Data penelitian diperoleh dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data peneliti menggunakan metode reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dan menggunakan triangulasi dalam menguji keabsahan data. Hasil penelitian yang diperoleh dapat dideskripsikan bahwa (1) Manajemen layanan perpustakaan SMPN 17 Surabaya dan SMPN 36 Surabaya terdiri dari proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. (2) Prestasi Akademik Siswa di SMPN 17 Surabaya dan SMPN 36 Surabaya di dukung dengan baik oleh seluruh komponen sekolah. dalam upayanya sekolah membuat beberapa program untuk mendukung prestasi akadmik siswa.(3) Manajemen layanan perpustakaan SMPN 17 Surabaya dan SMPN 36 Surabaya dapat dikatakan ikut berperan dalam mendukung prestasi akademik melalui strategi-strategi yang dilakukan oleh kedua perpustakaan sekolah. dengan demikian siswa senantiasa terbiasa dengan aktifitas membaca, memahami pelajaran, mengerti maksud dari sebuah informasi dan ilmu pengetahuan, serta menghasilkan karya bermutu. Sehingga pada akhirnya prestasi pun relatif mudah untuk diraih.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Choirotin, Umiumimeychoir@gmail.comD93218108
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKholis, Nurnurkholis08@gmail.com2011036701
Thesis advisorSulanam, Sulanamsulanam@uinsby.ac.id2030117901
Subjects: Layanan
Manajemen Pendidikan
Perpustakaan
Keywords: Manajemen; layanan perpustakaan; perpustakaan; prestasi akademik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: umi choirotin
Date Deposited: 02 Aug 2023 07:38
Last Modified: 02 Aug 2023 07:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63957

Actions (login required)

View Item View Item