Efektivitas hypnoteaching berbasis ayat Al Quran dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VIII di SMPN 2 Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Permatasari, Anggi Novella (2023) Efektivitas hypnoteaching berbasis ayat Al Quran dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VIII di SMPN 2 Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anggi Novella Permatasari_D91219100 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Hypnoteaching berbasis ayat Al-Qur’an adalah metode pembelajaran dengan mensugesti peserta didik dan menyelipkan ayat Al-Qur’an ditengah sugestinya dengan tujuan peningkatan motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji beberapa masalah yakni (1) Motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas VIII di SMPN 2 Waru Sidoarjo sebelum diterapkan Hypnoteaching berbasis Ayat Al-Qur’an, (2) Motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas VIII di SMPN 2 Waru Sidoarjo sebelum diterapkan Hypnoteaching berbasis Ayat Al-Qur’an, serta (3) Efektivitas Hypnoteaching berbasis Ayat Al-Qur’an dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas VIII di SMPN 2 Waru Sidoarjo. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian field research (penelitian lapangan) dengan pendekatan kuantitatif eksperimen tipe one group pretest-posttest. Populasi di dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII di SMPN 2 Waru yang berjumlah 372 peserta didik. Sedangkan sampel yang diambil menggunakan Judgement sampling dengan jumlah 100 responden kuesioner yang terdiri dari kelas VIII-H sejumlah 34 responden, VIII-I sejumlah 34 responden, dan VIII-K sejumlah 32 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil motivasi belajar peserta didik sebelum diberikan treatment hypnoteaching bebasis ayat Al-Qur’an menunjukkan bahwa 16 % berkategori rendah, 69% berkategori sedang dan 15% responden kategori bermotivasi tinggi (2) Hasil motivasi belajar peserta didik setelah diberikan treatment hypnoteaching bebasis ayat Al-Qur’an menunjukkan bahwa 14 % berkategori rendah, 68% berkategori sedang dan 18% responden kategori bermotivasi tinggi (3) Berdasarkan uji Wilcoxon dengan SPSS versi 25 ini pada output ranks yang lebih menjelaskan jumlah responden pada kategorisasi sebelumnya menunjukkan bahwa 19 mengalami penurunan motivasi belajar, 77 mengalami peningkatan motivasi belajar, dan 4 peserta didik tidak mengalami perubahan motivasi belajar setelah pemberian treatment. Sedang pada output tes statistics, didapatkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0.000. Karena nilai Sig. kurang dari 0.05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, secara teori statistik, hypnoteaching berbasis Al-Qur’an terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VIII di SMPN 2 Waru Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Permatasari, Anggi Novellaanggi.np119@gmail.comD91219100
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyaifuddin, Syaifuddinsyaifuddin_mr@yahoo.co.id2029116901
Thesis advisorManan, Abdulabdulmanan1970@gmail.com0710067001
Subjects: Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Motivasi Belajar
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Hypnoteaching berbasis Ayat Al Quran; motivasi belajar; Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anggi Novella Permatasari
Date Deposited: 07 Aug 2023 03:04
Last Modified: 07 Aug 2023 03:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63958

Actions (login required)

View Item View Item