Agama dan kritik ulama tentang lesbian, gay, biseksual, transgender (LGBT) dalam konten Ragil Mahardika di Youtube: analisis kekuasaan Michel Faucault

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Latif, Moch. Jamilul (2023) Agama dan kritik ulama tentang lesbian, gay, biseksual, transgender (LGBT) dalam konten Ragil Mahardika di Youtube: analisis kekuasaan Michel Faucault. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moch Jamilul Latif_E91218081 ok.pdf

Download (8MB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji tantang sebuah aktivitas LGBT yang peneliti fokuskan melalui konten konten sosial media yang di sebarkan oleh Ragil Mahardika, yang juga merupakan keturunan Indonesia dan sekarang menetap di Jerman. Tentu dalam penelitian ini kami ingin memebenturkan kembali LGBT ini dalam konteks agama, yang kita lihat dalam konten youtube Ragil pada khususnya. Kami ingin mengetahui bagaimana baik pandangan agama tentang LGBT maupun Orang orang LGBT tentang agama. Karena dalam kenyataannya agama dan LGBT memang berbenturan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif jenis data deskritif, dengan tehnik pegumpulan data, observasi dan dokumentasi. Data dari penelitian ini terbagi menjadi dua jenis data, yakni data primer yang didapat dari kontern Ragil mahardika mengenai LGBT dan data Sekunder dari Buku, Literatur yang berkaitan dengan masalah LGBT. Dalam menganalisis fenomena yang terjadi, penliti menggunakan perspektif teori dari Analisis Kekuasaan Michel Faucault. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa kuasa bukanlah kepemilikan tetapi strategi, kuasa ada dimana mana, kuasa bekerja melalui nomalisasi dan regulasi, kuasa bersifat produktif. Hal ini perlawanan agama khususnya Islam dan ulama adalah bagaimana kebalikan apa yang telah dicapai oleh Ragil, konten dibalas konten, ideologi dibalas ideologi, pengaruh dan kuasa juga dibalas pengaruh, dan satu hal yang dimiliki oleh agama dalam Hukum yang telah sepakati oleh semua orang memlalui rasional yang disampaikan Tuhan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Latif, Moch. Jamilulmochjamilullatif.92@gmail.comE91218081
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWarsito, Loekisno Choirilluckys.no@gmail.com2027036302
Subjects: Agama
Dakwah > Dakwah, Remaja
Keywords: Agama; LGBT; Youtube
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Moch Jamilul Latif
Date Deposited: 08 Aug 2023 06:21
Last Modified: 08 Aug 2023 06:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63959

Actions (login required)

View Item View Item