Pandangan Salafi terhadap Wahabi tentang aqidah dalam buku Kerancuan Akidah Wahabi karya KH. Abdul Wahab Ahmad persprektif hermeneutika Hans Georg Gadamer

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yuristiawan, Amanda Rahmat (2023) Pandangan Salafi terhadap Wahabi tentang aqidah dalam buku Kerancuan Akidah Wahabi karya KH. Abdul Wahab Ahmad persprektif hermeneutika Hans Georg Gadamer. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Amanda Rahmat Yuristiawan_E01218005 ok.pdf

Download (4MB)

Abstract

Salafi dan Wahabi adalah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan dua aliran atau pendekatan dalam Islam yang memiliki banyak kesamaan dalam keyakinan dan praktik. Namun, perbedaan juga ada di antara keduanya.Salafi adalah sebuah gerakan yang muncul dalam Islam yang menghargai dan mengikuti salaf, yaitu generasi awal Muslim, termasuk Nabi Muhammad dan para sahabatnya. Salafi percaya bahwa ajaran dan praktik Islam harus dikembalikan kepada model yang diikuti oleh salaf. Mereka menekankan pemahaman literal terhadap teks-teks suci dan cenderung menghindari interpretasi kontemporer. Salafi juga mendorong pemisahan agama dan politik. Wahabi adalah aliran dalam Islam yang berasal dari gerakan Salafi di Arab Saudi pada abad ke-18. Gerakan ini didirikan oleh Muhammad ibn Abdul Wahhab dan menjadi dasar dari kerajaan Saudi Arabia modern. Wahabi menekankan tauhid (kepercayaan kepada Allah sebagai satu-satunya Tuhan), menolak praktik-praktik yang mereka anggap bid'ah (inovasi), dan memandang syirik (pemujaan berhala) sebagai dosa besar. Mereka juga mengadvokasi implementasi hukum Islam yang ketat. Kedua aliran ini sering kali digunakan secara bergantian, dan ada perspektif yang berbeda-beda tentang bagaimana mereka berkaitan satu sama lain. Beberapa orang melihat Wahabi sebagai sub-aliran Salafi yang lebih ekstrem, sementara yang lain menganggap Wahabi sebagai aliran yang terpisah. Dalam praktiknya, istilah Wahabi sering digunakan untuk merujuk pada aliran Salafi yang muncul di Arab Saudi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yuristiawan, Amanda Rahmatamandarahmat56@gmail.comE01218005
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuktafi, Muktafimuktafisahal2@gmail.com2013086001
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Bid'ah
Keywords: Salafi; Wahabi; hermeneutika
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Amanda Rahmat Yuristiawan
Date Deposited: 07 Aug 2023 02:37
Last Modified: 07 Aug 2023 02:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63967

Actions (login required)

View Item View Item