Analisis miskonsepsi siswa menggunakan Three-Tier Test pada materi Bumi dan Tata Surya Kelas VII di SMP Negeri 26 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Waqidah, Nurul Waqidah (2023) Analisis miskonsepsi siswa menggunakan Three-Tier Test pada materi Bumi dan Tata Surya Kelas VII di SMP Negeri 26 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Waqidah_D0A19007 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya miskonsepsi siswa pada proses pembelajaran terutama materi bumi dan tata surya pada kelas VII SMP Negeri 26 Surabaya. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya studi awal yang telah dilakukan di sekolah tersebut. Pemahaman konsep merupakan hal yang penting bagi siswa karena jika siswa mengalami miskonsepsi pada materi tersebut maka konsep yang salah tersebut akan berkelanjutan. Maka dari itu, peneliti melakukan penelitian analisis miskonsepsi siswa mengguakan three-tier test pada materi bumi dan tata surya harapannya melalui penelitian ini sekolah dan guru dapat mempertimbangkan apa yang harus dilakukan untuk mengatasi miskonsepsi yang terjadi pada siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk Untuk mendeskripsikan miskonsepsi siswa menggunakan three-tier test pada materi bumi dan tata surya kelas VII di SMP Negeri 26 Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Metode yang digunakan untuk mengetahui miskonsepsi siswa yaitu menggunakan metode three-tier test. Three-tier test memiliki tiga tingkatan yaitu pilihan ganda (one tier), alasan (two tier), dan keyakinan (three tier). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan milles and huberman yaitu reduksi, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Miskonsepsi pada siswa didapatkan hasil sebanyak 62,07 % siswa kategori miskonsepsi rendah, 37,93 % siswa kategori miskonsepsi sedang, dan 0% siswa kategori miskonsepsi tinggi. 2) Presentase rata-rata miskonsepsi pada soal yaitu 24,5 % dengan kategori rendah. Miskonsepsi tertinggi pada soal terdapat pada nomor 4 tentang planet dengan suhu terpanas, nomor 7 tentang planet yang letaknya paling jauh oleh matahari, nomor 13 tentang rotasi bumi, dan tentang sumber energi terbesar yang dibutuhkan oleh petani garam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Waqidah, Nurul Waqidahnurulwaqs@gmail,comD0A219007
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIndayati, Tatik Indayatiindayatitatik@uinsby.ac.id197407172014112003
Thesis advisorJariyah, Ita Nuritaainunjariyah@gmail.com198612052019032012
Subjects: Dokumen - Pemalsuan
Keywords: Miskonsepsi siswa; Three-Tier Test; Bumi dan Tata Surya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPA
Depositing User: Nurul Waqidah
Date Deposited: 03 Aug 2023 06:38
Last Modified: 03 Aug 2023 06:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63968

Actions (login required)

View Item View Item