Pendampingan kelompok wanita tani (kwt) melalui optimalisasi lahan kosong guna meningkatkan ketahanan pangan di kampung Jlimut rt 02 rw 06, kelurahan Plosokerep, kecamatan Sananwetan, kota Blitar

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Adilla, Aidha Hikma (2023) Pendampingan kelompok wanita tani (kwt) melalui optimalisasi lahan kosong guna meningkatkan ketahanan pangan di kampung Jlimut rt 02 rw 06, kelurahan Plosokerep, kecamatan Sananwetan, kota Blitar. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aidha Hikma Adilla_B02219003.pdf

Download (3MB)

Abstract

Aidha Hikma Adilla, NIM B02219003, 2023. Judul : Pendampingan Kelompok Wanita Tani (KWT) Aren Asri Melalui Optimalisasi Lahan Kosong guna Meningkatkan Ketahanan Pangan di Kampung Jlimut RT 02/ RW 06, Kelurahan Plosokerep, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar. Penelitian ini berfokus pada tiga hal, yang pertama terletak pada pendampingan Kelompok Wanita Tani Aren Asri melalui optimalisasi lahan kosong untuk meningkatkan ketahanan pangan, kedua adalah hasil dari kegiatan pendampingan Kelompok Wanita Tani Aren Asri dalam meningkatkan ketahanan pangan melalui lahan kosong, dan yang ketiga adalah relevansi dakwah bil hal dengan kegiatan pendampingan. Menggunakan metode yang berfokus pada aset, penelitian ini menerapkan pendekatan Asset Based Community Development (ABCD), di mana pendekatan tersebut memberikan lima tahapan proses pengembangan aset berupa discovery, dream, design, destiny, dan define. Yang dalam penelitian ini meliputi pengembangan lahan kosong, pengembangan kemampuan Kelompok Wanita Tani, dan penguatan sosial budaya. Hasil dari kegiatan pendampingan ini adalah: Adanya beberapa perubahan diantaranya adalah perubahan pola pikir terhadap potensi yang dimiliki dan tanggung jawab bersama untuk meningkatkan ketahanan pangan pada lahan, perubahan pada sektor ekonomi yang menghasilkan produk jual sehingga menambah pemasukan organisasi serta perubahan organisasi yang dapat mengelola fokus lahan tersebut. Adapun relevansi dakwah dengan pendampingan kelompok wanita tani ini terimplementasi melalui kegiatan yang mengajak masyarakat untuk menuju kebaikan dalam memanfaatkan apa yang telah dimiliki dan mensyukurinya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Adilla, Aidha Hikmaaidhahikma@gmail.comB02219003
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAnshori, Moh.anshormoh75@gmail.com2018087502
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Masyarakat
Wanita
Keywords: Pendampingan; lahan kosong; ketahanan pangan; kelompok wanita tani
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Aidha Hikma Adilla
Date Deposited: 08 Aug 2023 03:57
Last Modified: 08 Aug 2023 03:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63970

Actions (login required)

View Item View Item