Penyusunan dokumen Disaster Recovery Plan Unit It Xyz menggunakan Framework Nist 800-34

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rizqi, Nur Irvan (2023) Penyusunan dokumen Disaster Recovery Plan Unit It Xyz menggunakan Framework Nist 800-34. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Irvan Rizqi_H76219030 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Unit IT XYZ merupakan instansi milik perguruan tinggi yang melayani tentang Information Comunication and Technology (ICT) dan bertugas menjalankan semuatentang teknologi informasi dan pengolahan data yang dibutuhkan di perguruan tinggi sehingga menjadi informasi yang tepat bagi mahasiswa dan dosen. Di dalam menjalankan proses operasionalnya terdapat beberapa ancaman atau bencana yang mengganggu pada layanan dan asset IT di Unit IT. Disaster Recovery Plan merupakan sebuah solusi bagi instansi ini untuk mencegah dan meminimalisir agar terus menjalankan proses operasionalnya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi beberapa bencana yang terjadi serta merancang dokumen DRP dengan menggunakan framework NIST 800-34 sebagai alternatif pedoman ketika terjadi serangan sistem baik bencana alam sampai gangguan IT, DRP juga sebagai pedoman dalam memperbaiki kualitas sistem. Penyusunan DRP pada Unit IT XYZ melalui beberapa tahapan dimulai dari Risk Assesment dengan mengidentifikasi dan analisis resiko menggunakan metode QRA (Quantitive Risk Analysis), Melakukan analisa dampak bisnis dan melakukan Strategy Recovery sesuai pedoman framework National Insitute Standart Of Technology (NIST 800 34).Hasil dari penelitian ini terdapat analisis yang diperoleh dari metode QRA bahwasanya jenis aset server yang mempunyai kerugian finansial tertinggi dengan nominal Rp.95.202.000. Serta jenis ancaman yang memiliki kerugian tertinggi sehingga mendapatkan pengendalian adalah gempa bumi dengan nominal Rp. 68.110.400 dan pada layanan IT terdapat 15 ancaman yang didapatkan setelah melakukan analisis risiko menggunakan QRA, ancaman tersebut dapat mengganggu layanan IT serta keberlangsungan proses operasionalnya hasil akhirnya pada penelitian ini yaitu dokumen DRP yang telah disesuaikan dengan kondisi internal di Unit IT XYZ.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rizqi, Nur Irvannurivanrizky@gmail.comH76219030
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIzzuddin, Muhammad Andikandik@uinsby.ac.id2007038402
Thesis advisorFarista, Prasasti Karuniaprasasti.ananto@uinsby.ac.id2004079701
Subjects: Bencana alam
Komputer
Manajemen Informasi
Keywords: Disaster Recovery Plan; strategi pemulihan; metode analisis kuantitatif risiko; Framework NIST 800-34
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: nur irvan Rizqi
Date Deposited: 04 Aug 2023 02:10
Last Modified: 04 Aug 2023 02:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63987

Actions (login required)

View Item View Item