Pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan strategi lightening the learning climate untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Oktavia, Diana (2023) Pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan strategi lightening the learning climate untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Diana Oktavia_D74216089.pdf

Download (2MB)

Abstract

Motivasi belajar merupakan suatu hal yang sangat penting dimiliki oleh setiap peserta didik. Karena dengan motivasi belajar matematika tersebut, peserta didik akan mempunyai dorongan untuk belajar matematika. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan kondisi awal pembelajaran matematika materi SPLDV yang meliputi proses pembelajaran sebelumnya dan motivasi belajar peserta didik, proses mendesain prototipe 1, kevalidan dan kepraktisan hasil pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan strategi Lightening The Learning Climate untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap penerapan, dan tahap evaluasi. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada materi SPLDV. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara dan angket motivasi belajar untuk data kondisi awal pembelajaran matematika di tempat penelitian, teknik catatan lapangan untuk data mendesain prototipe 1, dan teknik angket untuk data kevalidan dan kepraktisan perangkat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi awal proses pembelajaran materi SPLDV kelas VIII di SMP Negeri 1 Waru Sidoarjo dilakukan dengan menerapkan strategi Problem Based Learning (PBL) yang langkah pembelajarannya yaitu menjelaskan materi, membentuk kelompok, membagikan LKPD, serta melakukan drama sederhana mengenai jual beli. Kemudian untuk kondisi awal motivasi belajar peserta didik kelas VIII-G SMP Negeri 1 waru Sidoarjo termasuk dalam kategori sedang. Selanjutnya, untuk proses mendesain prototipe 1 menghasilkan RPP sesuai dengan langkah-langkah strategi Lightening The Learning Climate untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik yang disertai dengan game pada kegiatan pendahuluan. Sedangkan LKPD yang disusun dengan ciri khas dari strategi Lightening The Learning Climate yaitu dengan pemberian teka-teki lucu pada awal LKPD. Kemudian, hasil pengembangan perangkat pembelajaran dikatakan sangat valid dengan nilai rata-rata total validitas RPP sebesar 4,38 dan LKPD sebesar 4,18. Hasil pengembangan perangkat pembelajaran dikatakan praktis dengan rata-rata nilai kepraktisan RPP sebesar 4,33 dan LKPD sebesar 4,23 sehingga perangkat pembelajaran dapat digunakan tanpa revisi. Jadi dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran matematika yang dikembangkan dapat dikatakan valid dan praktis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Oktavia, Dianadianaoktavia008@gmail.comD74216089
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSadieda, Lisanul Uswahlisanuluswah@uinsby.ac.id2026098302
Thesis advisorYudi, Usmanasyifa3.AF@gmail.com2024016501
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Motivasi belajar; strategi lightening the learning climate
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Diana Oktavia
Date Deposited: 07 Aug 2023 02:04
Last Modified: 07 Aug 2023 02:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63989

Actions (login required)

View Item View Item