Studi komparatif pendapat K.H. Muhammad Ahmad Sahal Mahfudh dan Prof Satria Effendi M. Zein tentang syarat satu majelis pada akad nikah dengan menggunakan media telekomunikasi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sinatrya, Is'aaf Hisanah Dira (2023) Studi komparatif pendapat K.H. Muhammad Ahmad Sahal Mahfudh dan Prof Satria Effendi M. Zein tentang syarat satu majelis pada akad nikah dengan menggunakan media telekomunikasi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Is'aaf Hisanah Dira Sinatrya_C95219048 OK.pdf

Download (944kB)

Abstract

Jenis penelitian yang dilakukan dalam skripsi ini berbentuk penelitian kepustakaan (bibliography research) dengan pendekatan komparatif, yaitu penelitian dengan menggambarkan data primer pendapat K. H. Muhammad Ahmad Sahal Mahfudh dengan menggunakan buku Dialog Problematika Umat sedangkan dari pendapat Prof. Satria Effendi M. Zein yaitu menggunakan buku Problematika Hukum Keluarga Kontemporer. Sedangkan data sekundernya menggunakan jutnal, buku, karya ilmiah dan kitab-kitab fiqh kontemporer.Temuan dari penelitian ini adalah, Pertama, K. H. Muhammad Ahmad Sahal Mahfudh berpendapat bahwa akad nikah harus dilaksanakan dalam satu majelis yang sama. Menurut beliau, hukum mengenai akad nikah via telekomunikasi tidak sah dikarenakan tidak dalam satu majelis yang sama. Kedua, pendapat Prof. Satria Effendi M. Zein memiliki pendapat lain bahwa proses akad nikah dalam ijab dan qabul yang tidak dalam satu tempat tetapi dalam satu rangkaian upacara dan satu waktu, maka syarat ittihād al-majelis dapat terwujud. Ketiga, pendapat kedua tokoh memiliki kesamaan dan perbedaan. ada akhir penulisan ini, penulis mengharapkan bagi pembaca untuk dapat menambah pengetahuan tentang pernikahan melalui berbagai media telekomunikasi dalam rangka dapat diimplementasikan di masa mendatang, karena saat ini mengalami perkembangan yang amat pesat sehingga tidak ada keraguan lagi mengenai syarat satu majelis untuk melakukan akad nikah via telekomunikasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sinatrya, Is'aaf Hisanah Diraisaafsinatrya27@gmail.comC95219048
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAl Hamidy, Abu Dzarrinadzarrin2015@gmail.com ; dzar_alif@yahoo.co.id2004067302
Subjects: Nikah > Nikah - Ijab Kabul
Telekomunikasi
Keywords: Akad nikah; pernikahan; media telekomunikasi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbandingan Madzhab
Depositing User: Is'aaf Hisanah Dira Sinatrya
Date Deposited: 03 Oct 2023 01:50
Last Modified: 03 Oct 2023 01:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63990

Actions (login required)

View Item View Item