Mengembangkan karakter bertanggungjawab terhadap diri sendiri melalui metode penugasan pada Kelompok A di TKM NU 12 Mambaul Ulum Bedanten Bungah Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

'Ainiyah, Riza Rohmatul (2023) Mengembangkan karakter bertanggungjawab terhadap diri sendiri melalui metode penugasan pada Kelompok A di TKM NU 12 Mambaul Ulum Bedanten Bungah Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya perkembangan karakter bertanggung jawab terhadap diri sendiri pada kelompok A di TKM NU 12 Mamba’ul Ulum Bedanten Bungah Gresik. Hal ini diketahui dengan jumlah 16 siswa hanya terdapat 4 anak yang mulai berkembang dengan nilai sekurang-kurangnya BSH. Kurangnya metode serta media pembelajaran menyebabkan anak kurang antusiasme pada saat proses pembelajaran.berdasarkan permasalahan yang terjadi di Lapangan, peneliti memutuskan untuk menggunakan metode penugasan. Tujuan penelitian ini untuk menjawab pertanyaan 1) Bagaimana penerapan metode penugasan dalam mengembangkan karakter bertanggung jawab terhadap diri sendiri pada kelompok A di TKM NU 12 Mamba’ul Ulum Bedanten Bungah Gresik? 2) Bagaimana tingkat pengembangan karakter bertanggung jawab terhadap diri sendiri pada kelompok A di TKM NU 12 Mamba’ul Ulum Bedanten Bungah Gresik?. Penelitian ini adalah PTK dengan menggunakan model Kurt Lewin yang melalui 2 siklus dan dalam setiap siklusnya mempunyai 4 tahapan (perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi). Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, penilaian non tes dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan berikut: 1) Penerapan metode penugasan dalam mengembangkan karakter bertanggung jawab terhadap diri sendiri pada kelompok A di TKM NU 12 Mamba’ul Ulum Bedanten Bungah Gresik, dilakukan dengan melalui 2 siklus. Keberhasilan pada saat siklus II ditunjang dengan adanya tambahan media pembelajaran pada saat guru menjelaskan. Hal ini dapat dibuktikan dengan sebelum diterapkannya metode penugasan nilai rata-rata yang diperoleh 50 dengan presentase 25%. Kemudian pada pelaksanaan siklus II nilai rata-rata yang diperoleh 82,81 dengan presentase 93,75%. 2) Perkembangan karakter bertanggung jawab terhadap diri sendiri pada kelompok A di TKM NU 12 Mamba’ul Ulum Bedanten mengalami perkembangan yang maksimal dengan kategori Berkembang Sangat Baik (BSB). Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan yang dilakukan melalui siklus ke II yang mendapatkan presentase 93,75% dengan nilai rata-rata 82,81 yang dapat dikategorikan pada Berkembang Sangat Baik (BSB). Berdasarkan hasil penelitian aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil belajar anak yang mengalami perubahan menjadi lebih baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
'Ainiyah, Riza Rohmatulrizaaainiyah10@gmail.comD79219033
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisortamwifi, irfanirftamwifi@gmail.com2002017001
Thesis advisormusthofa, M. Bahribahrimusthofa007@gmail.com202207732
Subjects: Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Perkembangan karakter; bertanggungjawab; metode penugasan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Riza Rohmatul 'Ainiyah
Date Deposited: 15 Aug 2023 08:09
Last Modified: 15 Aug 2023 08:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63991

Actions (login required)

View Item View Item