Kepedulian pendidikan para single parent di Desa Pangkah Kulon Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmah, Nur Fitriyah (2023) Kepedulian pendidikan para single parent di Desa Pangkah Kulon Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Fitriyah Rahmah I73219057 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mengungkap mengenai bagaimana para single parent di Desa Pangkah Kulon Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik yang bertanggung jawab atas pendidikan anak mereka. Dalam masyarakat saat ini, menjadi orang tua tunggal (single parent) merupakan fenomena yang semakin umum. Salah satu kesulitan yang dihadapi oleh single parent adalah memberikan pendidikan yang optimal kepada anak-anak. Penelitian ini memiliki tiga rumusan masalah didalamnya yaitu: (1) Bagaimana problematika mendidik anak bagi single parent (2) Bagaimana kepedulian para single parent terhadap pendidikan anaknya di Desa Pangkah Kulon, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik?, (3) Mengapa para single parent peduli terhadap pendidikan anak? Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan melakukan wawancara, observasi, dan juga dokumentasi. Kepedulian pendidikan para single terhadap anak di Desa Pangkah Kulon ini dianalisis dengan menggunakan teori tindakan sosial oleh Max Weber. Hasil penemuan ini menunjukkan bahwasanya (1) Probelamatika mendidik anak bagi single parent adalah yang pertama dari segi sosial berupa mendidik dan membesarkan anak, waktu yang begitu singkat sulit untuk orang tua single parent membaginya. Dari segi ekonomi orang tua single parent harus memenuhi kebutuhan fisik setiap harinya, butuh tenaga yang lebih untuk mengasuh dan memperhatikan nafkah anak tersebut (2) Para single parent di Desa Pangkah Kulon, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik memiliki kepedulian yang tinggi terhadap pendidikan anak-anak mereka, meskipun mereka menghadapi beberapa kendala antara lain adalah keterbatasan waktu dan tenaga, kurangnya dukungan sosial, serta keterbatasan finansial, namun para single parent di desa Pangkah Kulon ini selalu berusaha untuk memastikan bahwa anak-anak mereka mendapatkan pendidikan yang baik. Hal ini terlihat dari upaya mereka untuk mengatasi kendala yang ada dan pendampingan yang berikan kepada anak dalam memperoleh pendidikan yang layak. (3) Para single parent di Desa Pangkah Kulon Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik peduli terhadap pendidikan anak sebab mereka sadar bahwa pendidikan itu sangat penting, pendidikan adalah kunci untuk memberikan masa depan yang lebih baik bagi anak-anak mereka dan pendidikan juga dapat membuka pintu bagi kesempatan kerja dalam meningkatkan kualitas hidup keluarganya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmah, Nur Fitriyahcantikarahmah86@gmail.comI73219057
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAnshori, Isaisaanshori67@gmail.com196705061993031002
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Pendidikan; single parent; kepedulian; peran orang tua
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Nur fitriyah Rahmah
Date Deposited: 07 Aug 2023 03:18
Last Modified: 07 Aug 2023 03:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63992

Actions (login required)

View Item View Item