Analisis status mutu air tanah di Desa Pangkah Kulon Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik menggunakan metode Indeks Pencemaran & CCME WQI ditinjau dari parameter fisika, kimia dan biologi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Baihaqi, Muhtamil (2023) Analisis status mutu air tanah di Desa Pangkah Kulon Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik menggunakan metode Indeks Pencemaran & CCME WQI ditinjau dari parameter fisika, kimia dan biologi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhtamil Baihaqi_H05217013 ok.pdf

Download (10MB)

Abstract

Air yang berasal dari lapisan dibawah permukaan tanah atau bisa disebut Air Tanah. Karakteristik air tanah disetiap wilayah memiliki perbedaan yang disebabkan geografis dan kondisi lingkungan wilayah tersebut. Penggunaan air tanah masih menjadi kebutuhan bagi sebagian masyarakt dalam berbagai aktivitas kehidupan. Perubahan kondisi lingkungan dan geografis yang terjadi saat ini menyebabkan menurunnya kualitas air tanah. Penelitian ini dilakukan untuk mengukur status mutu air tanah di wilayah pesisir tepatnya di Desa Pangkah Kulon, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik. Penelitian menggunakan metode analisis Indeks Pencemaran dan metode Canadian Council of Minister of The Environtment Water Quality Index (CME WQI) dengan parameter fisik, kimia, dan biologi. Parameter uji yang digunakan terdiri dari suhu, pH, warna, kekeruhan, TDS, total coliform, khlorida, mangan, besi, nitrit, nitrat, dan salinitas. Penentuan titik sampling yang digunakan sebanyak 6 titik yang tesebar di Desa Pangkah Kulon sebagai lokasi penelitian. Baku mutu yang digunakan dalam menganalisa air tanah menggunakan Permenkes No. 2 Tahun 2023 Tentang Kesehatan Lingkungan. Hasil analisis penelitian ini menggunakan metode Indeks Pencemaran memiliki skor nilai 3,30 dengan kategori tercemar ringan. Pada metode CME WQI untuk kualitas air tanah di Desa Pangkah Kulon memiliki skor 38,21 dengan kategori buruk. Hasil penentuan kualitas air tanah di Desa Pangkah Kulon telah tercemar dan tidak layak digunakan sebagai air bersih.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Baihaqi, MuhtamilMuhtamilbaihaqi10@gmail.comH05217013
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHakim, Abdullahabdul.hakim@uinsby.ac.id2006088001
Thesis advisorUtama, Teguh Tarunautama.teguh87@uinsby.ac.id2002058704
Subjects: Lingkungan Hidup
Teknik Lingkungan
Keywords: Air; air tanah; kualitas air
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: Muhtamil Baihaqi
Date Deposited: 04 Aug 2023 02:33
Last Modified: 04 Aug 2023 02:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63995

Actions (login required)

View Item View Item