Implementasi kurikulum merdeka dalam upaya mewujudkan profil pelajar pancasila di SMP Negeri 22 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alimuddin, Zulham (2023) Implementasi kurikulum merdeka dalam upaya mewujudkan profil pelajar pancasila di SMP Negeri 22 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zulham Alimuddin_D91219160 OK.pdf

Download (932kB)

Abstract

Pendidikan merupakan bidang terpenting dalam pembentukan sumber daya manusia yang berkualitas dan berkarakter. Sistem yang baik dan sesuai perkembangan zaman akan memudahkan tujuan pendidikan tercapai. Kurikulum merdeka yang baru saja dijalankan diproyeksikan akan mampu memberikan lulusan peserta didik indonesia yang berkualitas dan memiliki karakter kuat sesuai tantangan zaman. Tujuan penelitian ini 1) untuk mengetahui substansi tentang kurikulum merdeka dalam upaya mewujudkan profil pelajar pancasila berdasar kebijakan pemerintah. 2) untuk mengetahui kesesuaian desain kurikulum merdeka dalam proses implementasi di SMP Negeri 22 Surabaya. Dan 3) untuk mengetahui kontribusi kurikulum merdeka dalam pembentukan profil pelajar pancasila di SMP Negeri 22 Surabaya.Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Kemudian jenis penelitian yang digunakan yaitu studi pustaka dan penelitian lapangan di SMP Negeri 22 Surabaya dengan menggunakan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi berkaitan dengan penerapan kurikulum merdeka dalam upaya mewujudkan profil pelajar pancasila. Teknik analisis data menggunakan 3 teknik berupa reduksi data, analisis data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh adalah 1) kurikulum merdeka ini adalah seperangkat sistem pendidikan di Indonesia yang memiliki karakteristik menjalankan pembelajaran sesuai kemampuan peserta didik. Pemerintah mengambil kebijakan tersebut sebagai cara untuk mencetak lulusan peserta didik berkualitas dan karakter kuat berupa profil pelajar pancasila melalui pengembangan kemampuan yang dimiliki setiap individu. 2) SMP Negeri 22 Surabaya telah menjalankan kegiatan pembelajaran menggunakan kurikulum merdeka semenjak tahun pelajaran 2022-2023. Dalam pelaksanaan pembelajaran telah disesuaikan dengan keberagaman serta kemampuan peserta didik dalam menyerap materi sebagaimana rancangan kurikulum merdeka yang diatur pemerintah sekaligus kegiatan penguatan profil pelajar pancasila. 3) Kurikulum merdeka yang diterapkan di SMP Negeri 22 Surabaya memiliki kontribusi dalam pembentukan karakter peserta didik yang bernilai pancasila. Hal ini dapat dilihat dari kualitas peserta didik yang berdaya saing tinggi dan berkarakter kuat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alimuddin, Zulhamalimuddinzulham@gmail.comD91219160
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyamsuddin, Syamsuddinsyamsudinuinsby@gmail.com2012096702
Thesis advisorThobroni, Ahmad Yusamayusamth71@gmail.com2022077101
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Kurikulum merdeka; karakter; profil pelajar pancasila.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 74628 not found.
Date Deposited: 07 Aug 2023 06:38
Last Modified: 07 Aug 2023 06:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64002

Actions (login required)

View Item View Item