Analisis pertumbuhan pemahaman matematis kolektif siswa ditinjau dari kecerdasan interpersonal

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aprilia, Milla (2023) Analisis pertumbuhan pemahaman matematis kolektif siswa ditinjau dari kecerdasan interpersonal. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Milla Aprilia_D74216099 OK.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pertumbuhan pemahaman matematis kolektif adalah perubahan lapisan tentang cara antar anggota kelompok dalam menyatakan, menghubungkan dan menantang komitmen satu sama lain tentang matematika sehingga terbentuk kesimpulan bersama yang bertujuan untuk mengerti apa yang dipelajari. Pertumbuhan pemahaman matematis kolektif siswa ketika berdiskusi dalam menyelesaikan masalah matematika dipengaruhi oleh tingkat kecerdasan interpersonal siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pertumbuhan pemahaman matematis kolektif siswa ditinjau dari kecerdasan interpersonal. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari dua belas siswa dengan ketentuan enam siswa memiliki tingkat kecerdasan interpersonal belum ideal yang kemudian dibagi menjadi dua kelompok dan enam siswa memiliki tingkat kecerdasan interpersonal ideal yang kemudian dibagi menjadi dua kelompok berdasarkan hasil angket kecerdasan interpersonal yang telah diberikan kepada kelas VIII-E MTsN 4 Sidoarjo. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tulis dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan tahap kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Pertumbuhan pemahaman matematis kolektif siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal belum ideal bergerak dari primitive knowing, image making sampai image having (2) Pertumbuhan pemahaman matematis kolektif siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal ideal bergerak dari primitive knowing, image making, image having, property noticing, formalizing, observing, structuring sampai inventising.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aprilia, Millamillaaprilia7@gmail.comD74216099
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSadieda, Lisanul Uswahlisanuluswah@uinsby.ac.id2026098302
Thesis advisorHamdani, Saepulasepsaepulhamdani@uinsby.ac.id2031076501
Subjects: Kecerdasan
Matematika
Pendidikan
Keywords: Pertumbuhan pemahaman matematis kolektif; Kecerdasan interpersonal
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Milla Aprilia
Date Deposited: 09 Aug 2023 03:25
Last Modified: 09 Aug 2023 03:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64006

Actions (login required)

View Item View Item