Pengaruh penggunaan media puzzle terhadap pemahaman akidah akhlak pada peserta didik kelas III MI Al- Asyhar Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ishtifaiyah, Ishtifaiyah (2023) Pengaruh penggunaan media puzzle terhadap pemahaman akidah akhlak pada peserta didik kelas III MI Al- Asyhar Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ishtifaiyah_D97219085.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena kurangnya pemahaman akidah akhlak pada materi surga dan neraka pada siswa kelas III MI Al-Asyhar Gresik. Hal ini disebabkan karena kegiatan belajar mengajar masih menggunakan media yang konvensional seperti ceramah dan buku pegangan. Sehingga menjadikan siswa kurang semangat serta kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran yang mampu meningkatkan pemahaman siswa kelas III pada materi surga dan neraka. Penggunaan media puzzle diharapkan dapat menjadi solusi dari permasalahan yang ditemukan. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pemahaman akidah akhlak sebelum dan sesudah penggunaan media puzzle pada materi surga dan neraka kelas III MI Al-Asyhar Gresik. 2) Untuk mengetahui pengaruh media puzzle terhadap pemahaman aqidah akhlak materi surga dan neraka kelas III MI Al-Asyhar Gresik. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif desain yang digunakan adalah jenis desain eksperimen dengan tipe One Group Pre-Test Post-Test Design. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan dengan memberikan soal tes sebelum perlakuan (pe-test), diberi perlakuan, dan soal tes sesudah perlakuan (post-test). Teknik pengumpulan data menggunakan tes pihan ganda, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pemahaman Akidah Akhlak sebelum dan sesudah menggunakan media puzzle pada materi surga dan neraka peserta didik kelas III MI Al-Asyhar Gresik, sebelum menggunakan media puzzle memperoleh nilai rata-rata sebesar 66,46 dan sesudah penggunaan media puzzle terjadi peningkatan dengan memperoleh nilai rata-rata sebesar 78,33. 2) media puzzle berpengaruh terhadap pemahaman surga dan neraka mata pelajaran akidah akhlak kelas III MI Al-Asyhar Gresik. hasil pengujian tersebut diperoleh dari hasil uji t-test yang menunjukkan adanya pengaruh signifikan dari variabel (X) media puzzle terhadap variabel (Y) pemahaman materi surga dan neraka mata pelajaran Akidah Akhlak siswa kelas III MI Al-Asyhar Gresik. hal ini dibuktikan dengan peningkatan hasil pemahaman sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dengan nilai signifikansi sig.(2-tailed)sebesar 0,000 < 0,05 yang memiliki arti Ho ditolak dan Ha diterima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ishtifaiyah, IshtifaiyahIsthifaiyah383@gmail.comD97219085
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMunawir, Munawirmunawirpgmi@gmail.com2001086501
Thesis advisorNadlir, Nadlirnadlir@uinsby.ac.id2022076802
Subjects: Akhlak
Pendidikan
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Media
Keywords: Pemahaman pembelajaran; media puzzle; materi surga dan neraka
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ishtifaiyah Ishtifaiyah
Date Deposited: 07 Aug 2023 07:45
Last Modified: 07 Aug 2023 07:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64009

Actions (login required)

View Item View Item