Analisis cyberbullying pada sosial media instagram di kalangan mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ghibran, Muhammad Hanif Miqdad (2023) Analisis cyberbullying pada sosial media instagram di kalangan mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Hanif Miqdad Ghibran_H76219028 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 December 2026.

Download (9MB)
[img] Text
Muhammad Hanif Miqdad Ghibran_H76219028.pdf

Download (10MB)

Abstract

Di era perkembangan teknologi sekarang terdapat sisi positif serta negatif yang melekat. Keingintahuan tentang dunia luar, dipadukan dengan kemudahan mengakses dunia maya membuat para remaja rentan terhadap cyberbullying, baik sebagai pelaku maupun korban cyberbullying di media jejaring sosial. Bagi remaja khususnya mahasiswa sosial media Instagram merupakan gaya hidup, karena para remaja kurang kesadaran mengenai dampak negatif yang ditimbulkan oleh sosial media Instagram salah satu efeknya adalah cyberbullying. Pentingnya penelitian ini dilakukan untuk menganalis cyberbullying di instagram yang sering terjadi di lingkup universitas dan cenderung berdampak negatif bagi korban. Dampak dari perilaku cyberbullying di Instagram tersebut dapat mempengaruhi nilai akademik mahasiswa dan bahkan sampai melukai diri sendiri. Penelitian ini dilakukan karena pengetahuan tentang cyberbullying pada sosial media instagram sebagian besar masih belum diketahui. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui hasil dari analisis cyberbullying pada sosial media instagram di kalangan mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Sampel pada penelitian ini adalah 201 responden mahasiswa dihitung dengan rumus slovin menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan teknik kuantitatif yang terdiri uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik dan analisis regresi linier berganda. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa seluruh variabel bebas yaitu kerentanan, norma sosial, tekanan teman sebaya, anonimitas, penggunaan instagram, digital literasi secara simultan mempunyai pengaruh positif terhadap variabel terikat yaitu perilaku cyberbullying di instagram dibuktikan dari nilai Fhitung 101,453 > Ftabel 2,15. Berdasarkan hasil penelitian variabel bebas berpengaruh sebesar 75,8% terhadap variabel terikat dan memiliki nilai koefisien korelasi 87,1%. Seluruh variabel bebas berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel terikat. Variabel kerentanan menunjukkan hasil lebih menonjol sebesar 24.680. Diharapkan penelitian ini dapat menjadi evaluasi untuk mahasiswa agar mengetahui faktor yang dapat menyebabkan terjadinya perilaku cyberbullying di Instagram sehingga terjauh dari perilaku cyberbullying di Instagram.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ghibran, Muhammad Hanif Miqdadh76219028@student.uinsby.ac.idH76219028
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRolliawati, Dwidwi_roll@uinsby.ac.id2027097901
Thesis advisorAnanto, Prasasti Karunia Faristaprasasti.ananto@uinsby.ac.id2004079701
Subjects: Internet
Media Sosial
Hak Asasi Manusia
Keywords: Analisis cyberbullying; sosial media instagram; mahasiswa
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Muhammad Hanif Miqdad Ghibran
Date Deposited: 21 Dec 2023 06:02
Last Modified: 21 Dec 2023 06:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64014

Actions (login required)

View Item View Item