Implementasi pembelajaran kurikulum merdeka berbasis diferensiasi peserta didik pada mata pelajaran pai-bp di smpn 3 Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Herlambang, Muhammad Fladimir (2023) Implementasi pembelajaran kurikulum merdeka berbasis diferensiasi peserta didik pada mata pelajaran pai-bp di smpn 3 Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muh. Fladimir Herlambang_D91219133.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam rangka memperbaiki mutu pendidikan Indonesia berbagai upaya telah dilaksanakan, diantaranya adalah implementasi kurikulum merdeka, dan pembelajaran berpusat pada peserta didik atau student center. Contoh pelaksanaan pembelajaran student center adalah pembelajaran diferensiasi. Namun, apakah implementasi pembelajaran diferensiasi dirasa mampu untuk meningkatkan mutu pembelajaran saat ini, atau menjadi upaya yang justru mempersulit pendidik dalam menyelesaikan tugasnya. Sebagai upaya dalam menyelesaikan penelitian, peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif sehingga menghasilkan data berupa narasi atau deskripsi. Penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan bagaimana implementasi pembelajaran kurikulum merdeka berbasis diferensiasi peserta didik pada mata pelajaran PAI-BP di sekolah. Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan penelitian lapangan atau field research. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah observasi lapangan, wawancara dengan pihak terkait, dan dokumentasi. Setelah mendapatkan data, data tersebut dianalisis melalui proses kondensasi data, penyajian data, kemudian verifikasi atau penarikan kesimpulan.” Dalam “penelitian ini ditemukan bahwa proses pembelajaran pada mata pelajaran PAI-BP dilaksanakan melalui metode diferensiasi peserta didik maupun non�diferensiasi peserta didik.” Implementasi kurikulum merdeka di UPT SMPN 3 Gresik telah dilaksanakan sejak tahun ajaran 2021 – 2022 dengan melakukan pengimbasan pada struktur kurikulum, dokumen kurikulum operasional satuan pendidikan, pendidik terkait, mata pelajaran wajib dan mata pelajaran pilihan, perangkat pembelajaran yang disesuaikan, projek pengembangan profil pelajar pancasila, transformasi pembelajaran berbasis student center, dan evaluasi kurikulum melalui kegiatan project manajement office dan mandiri oleh kepala sekolah. Selanjutnya, pelaksanaan pembelajaran diferensiasi pada mata pelajaran PAI-BP dilaksanakan secara diferensiasi proses kesiapan belajar atau gaya belajar, dilaksanakan secara diferensiasi konten berbasis gaya belajar, dan tidak dilaksanakan melalui produk. Kata Kunci : Pendidikan Agama Islam, Pembelajaran Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Diferensiasi

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Herlambang, Muhammad Fladimirfladimirherlambang07@gmail.comD91219133
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFuad, Ah. Zakkiah.zakki.fuad@uinsby.ac.id2027047401
Thesis advisorSutikno, Sutiknonohsutik@yahoo.co.id2006086803
Subjects: Pendidikan
Pendidikan Islam
Pendidikan > Kurikulum
Keywords: Pendidikan agama islam; pembelajaran kurikulum merdeka; pembelajaran diferensiasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Fladimir Herlambang
Date Deposited: 10 Aug 2023 02:19
Last Modified: 10 Aug 2023 02:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64015

Actions (login required)

View Item View Item