Pengembangan perangkat pembelajaran matematika model kooperatif tipe student facilitator and explaining untuk melatih kemampuan komunikasi matematis peserta didik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pangarsi, Nabilah Ambar (2023) Pengembangan perangkat pembelajaran matematika model kooperatif tipe student facilitator and explaining untuk melatih kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nabilah Ambar Pangarsi_D74216102.pdf

Download (9MB)

Abstract

Salah satu kemampuan yang harus dimiliki peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran matematika adalah memiliki kemampuan komunikasi matematis. Hal ini karena melalui komunikasi matematis peserta didik dapat mengorganisir cara berpikirnya dalam menyampaikan ide atau gagasan matematika baik secara tulis maupun lisan. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika model kooperatif tipe student facilitator and explaining untuk melatih kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini disebut dengan model 4-D yang memiliki 4 tahapan yakni pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Perangkat yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah RPP dan LKPD. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik catatan lapangan, teknik validasi, dan teknik tes kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis proses pengembangan perangkat pembelajaran, analisis kevalidan, analisis kepraktisan, dan analisis hasil tes kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Diperoleh hasil analisis data yang menunjukkan bahwa pada tahap pendefinisian diperoleh informasi pembelajaran matematika di kelas VIII SMPN 1 Sukodono Sidoarjo masih menggunakan model pembelajaran konvensional yang berpusat pada guru. Pada tahap perancangan, dibuat rancangan awal perangkat pembelajaran matematika untuk mengatasi permasalahan yang ada pada tahap pendefinisian. Pada tahap pengembangan dilakukan validasi, revisi berdasarkan saran dan masukan oleh validator, serta dilakukan uji coba terbatas. Hasil kevalidan RPP diperoleh rata-rata total validitas sebesar 4,77 dengan kriteria sangat valid, dan hasil kevalidan LKPD diperoleh rata-rata total validitas sebesar 4,78 dengan kriteria sangat valid. Pengembangan perangkat pembelajaran meliputi RPP dan LKPD dinyatakan praktis oleh para validator dengan penilaian “A” yang artinya perangkat pembelajaran dapat digunakan di lapangan dengan tanpa revisi. Hasil kemampuan komunikasi matematis peserta didik diperoleh 31,1% dengan kriteria sangat baik, 68,9% dengan kriteria baik, dan tidak ada yang masuk dalam kriteria kurang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pangarsi, Nabilah Ambarnabilahambar18@gmail.comD74216102
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetyawati, Maunahmaunah_iain@yahoo.com--
Thesis advisorSutini, Sutinisutinimiskun@uinsby.ac.id2003017703
Subjects: Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Komunikasi
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Pengembangan perangkat pembelajaran; kemampuan komunikasi matematis; SFAE
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nabilah Ambar Pangarsi
Date Deposited: 07 Aug 2023 07:57
Last Modified: 07 Aug 2023 07:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64016

Actions (login required)

View Item View Item