Pengaruh tempat tinggal peserta didik terhadap hasil belajar mata pelajaran fikih Kelas 5 semester ganjil di MIN 4 Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Damayanti, Dwi Rahma (2023) Pengaruh tempat tinggal peserta didik terhadap hasil belajar mata pelajaran fikih Kelas 5 semester ganjil di MIN 4 Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dwi Rahma Damayanti_D97219072.pdf

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah adanya keunikan di MIN 4 Jombang yang mana peserta didik memiliki perbedaan tempat tinggal peserta didik yaitu di asrama dan non asrama. Adanya perbedaan waktu peserta didik untuk belajar agama di rumah dan di asrama kemudian perbedaan kedisiplinan peserta didik dalam belajar sehingga menjadi penyebab perbedaan hasil belajar peserta didik. Oleh sebab itu, dari penjelasan diatas mendorong peneliti untuk menggali pengaruh tempat tinggal peserta didik terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Fikih. Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui hasil belajar mata pelajaran Fikih semester ganjil peserta didik asrama kelas 5 di MIN 4 Jombang. 2) Untuk mengetahui hasil belajar mata pelajaran Fikih semester ganjil peserta didik non asrama kelas 5 di MIN 4 Jombang. 3) Untuk mengetahui pengaruh tempat tinggal peserta didik terhadap hasil belajar mata pelajaran Fikih kelas 5 semester ganjil di MIN 4 Jombang. Penelitian ini merupakan penelitian kausal komparatif (causal comparative research) yang merupakan penelitian ex post facto. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan uji homogenitas, kemudian dilakukan uji hipotesis menggunakan uji independent sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0.866 > 0.05 maka (H0 diterima), sedangkan hasil perbandingan t-hitung dengan t-tabel menunjukkan bahwa hasil t-hitung (0.171) < t-tabel (2.048) maka (H0 diterima). Maka dapat diambil keputusan bahwa H0 diterima yang berarti tidak adanya pengaruh tempat tinggal peserta didik terhadap hasil belajar mata pelajaran Fikih kelas 5 semester ganjil di MIN 4 Jombang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Damayanti, Dwi RahmaRahmadwi2028@gmail.comD97219072
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMunawir, Munawirmunawirpgmi@gmail.com2001086501
Thesis advisorJuhaeni, Juhaenithinasafar@gmail.com2030078604
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Evaluasi
Keywords: Tempat tinggal; hasil belajar; fikih
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dwi Rahma Damayanti
Date Deposited: 07 Aug 2023 07:16
Last Modified: 07 Aug 2023 07:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64017

Actions (login required)

View Item View Item