Tudung kepala dalam perspektif Kristen Ortodoks Yunani di Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Firdaus, Annisa (2023) Tudung kepala dalam perspektif Kristen Ortodoks Yunani di Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Annisa Firdaus_E02219005 OK.pdf

Download (945kB)

Abstract

Penelitian ini akan membahas tentang apa ajaran Gereja Kristen Ortodoks Yunani yang menjelaskan tudung kepala. Pembahasan ajaran yang mengenai tudung kepala dilihat pada bagaimana pemeluk Gereja Kristen Ortodoks Yunani di Mojokerto menerapkan ajaran penggunaan tudung kepala. Data mengenai bagaimana pemeluk Gereja Kristen Ortodoks Yunani didapat melalui observasi dan wawancara kepada pendeta juga jemaat Gereja Kristen Ortodoks Yunani di Mojokerto. Dalam penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif yang mana dalam hal ini mencari dengan sumber data. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa tudung kepala merupakan salah satu ajaran yang terdapat dalam Kristen Ortodoks Yunani. Ajaran ini sudah lama dibahas dalam Alkitab, yang mana ajaran ini mengajarkan seluruh jemaat perempuan agar patuh dan tunduk pada tuhan. Dan juga ajaran ini mengajarkan jemaat perempuan untuk patuh terhadap suami, penggunaan tudung kepala merupakan salah satu ciri wanita yang tunduk. Penggunaan tudung kepala sendiri termasuk ajaran yang baik untuk dilakukan, meskipun ajaran ini baik untuk dilakukan pihak Gereja Kristen Orotdoks Yunani ini tidak memaksa dalam penggunaannya, sebab hal tersebut dikembalikan lagi kepada umat untuk memakai atau tidak. Hal ini pun terjadi sebab Gereja Kristen Ortodoks Yunani tidak mengatur tentang busana yang dipakai oleh jemaat, Gereja sendiri hanya mengatur tentang iman pada jemaat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Firdaus, Annisafannisa388@gmail.comE02219005
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAfdillah, Muhammadm.afdillah@uinsby.ac.id2021048202
Subjects: Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Kristen; Gereja Ortodoks Yunani ; tudung kepala
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Annisa Firdaus Firdaus
Date Deposited: 07 Aug 2023 07:12
Last Modified: 07 Aug 2023 07:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64026

Actions (login required)

View Item View Item