Konsep Ikhlas dan Qanaah perspektif KH. Ihsan Jampes dalam kajian Kitab Siraj At Thalibin

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anggrawardani, Bunga Nur (2023) Konsep Ikhlas dan Qanaah perspektif KH. Ihsan Jampes dalam kajian Kitab Siraj At Thalibin. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Bunga Nur Anggrawardani_D01219016 ok.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bunga Nur Anggrawardani_D01219016 full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Bunga Nur Anggrawardani D01219016. Konsep Ikhlas dan Qan'ah Perspektif KH. Ihsan Jampes dalam Kajian Kitab Siraj At-Thalibin. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Dosen Pembimbing Skripsi: Dr. Amir Maliki Abitolkha, M.Ag. dan Drs. Abdul Manan, M.Pd.I. Ikhlas dan qana’ah adalah perilaku yang melekat di setiap kehiduapan kita sehari-hari. Banyak kegiatan sehari-hari dan manfaat yang diperoleh manusia ketika menerapkan perilaku tersebut. Seperti yang terdapat dalam kajian Kitab Siraj At-Thalibin juz II yang menerangkan definisi, hal-hal yang dapat merusak keikhlasan dan qana’ah yang perlu kita hindari agar senantiasa mendapatkan ridha dan juga rahmat dari Allah SWT, serta manfaat yang diperoleh ketika menerapkan perilaku ikhlas dan qana’ah. Penelitian ini berjenis kualitatif library research menggunakan pendekatan model penelitian studi naskah. Penelitian ini menggunakan teknik content analysis melalui tahap interpretasi, deduksi, induksi, dan komparasi. Penelitian ini menghasilkan konsep ikhlas dan qana'ah perspektif KH. Ihsan Jampes. Ikhlas hanya memiliki satu titik ideal, yaitu hanya menjadikan Allah SWT sebagai tujuannya semata. Qana’ah adalah perilaku mulia bagi setiap individu yang melaksanakannya dengan penuh rasa percaya dan yakin atas apa yang telah Allah berikan terhadap takdir dan nikmat-Nya. Selain itu, terdapat urgensi bagi guru PAI dengan menerapkan perilaku ikhlas dan juga qana’ah serta implikasi dari perilaku ikhlas dan juga qana’ah. Pentingnya kelanjutan penelitian ini disarankan untuk akademisi guna mengurai makna syair lebih dalam dan untuk pendidik guna melazimi buku dan kitab pembersih hati.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anggrawardani, Bunga Nurbungaanggra201@gmail.comD01219016
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAlbitolkha, Amir Malikiamir.abitolkha@gmail.com2008117102
Thesis advisorManan, Abdulabdulmanan1970@gmail.com0710067001
Subjects: Akhlak
Akhlak > Akhlak Mulia
Keywords: Ikhlas; qanaah; KH. Ihsan Jampes; Siraj At Thalibin
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Bunga Anggrawardani
Date Deposited: 08 Dec 2023 01:48
Last Modified: 08 Dec 2023 01:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64030

Actions (login required)

View Item View Item