Analisis hukum Islam dan hukum positif terhadap praktik layanan jasa parafrase pada akun instagram@jasaparafrase

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Handayani, Vina Marvika (2022) Analisis hukum Islam dan hukum positif terhadap praktik layanan jasa parafrase pada akun instagram@jasaparafrase. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Vina Marvika Handayani_C92218178.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan yang terdapat dalam rumusan masalah, yaitu 1) Bagaimana Analisis Hukum Islam Terhadap Praktik Layanan Jasa Parafrase Pada Akun Instagram @jasaparafrase? 2) Bagaimana Analisis Hukum Positif Terhadap Praktik Layanan Jasa Parafrase Pada Akun Instagram @jasaparafrase? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) yang disertai pendekatan deskriptif kualitatif. Dalam penelitian kualitatif ini penulis akan mendapatkan data deskriptif secara tertulis maupun lisan dari pelaku yang menjadi subyek penelitian. Data tersebut diperoleh dari ketetuan akad ijārah dan Hukum Perjanjian pada KUHPerdata. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa, praktik layanan jasa parafrase ini menggunakan akad ijārah (sewa-menyewa). Sistem kerjanya menggunakan dua cara, yakni dengan cara manual hasil pemikiran sendiri dan secara instan menggunakan salah satu website parafrase online yang ada di internet. Dari kedua cara kerja tersebut terdapat ketidakjelasan dalam penetapan upah, terlebih penetapan upah pada parafrase online. Berdasarkan hal tersbut secara hukum Islam, akad yang dilakukan hukumnya fasid karena belum memenuhi salah satu syarat ijārah. Berdasarkan hukum positifnya, layanan jasa parafrase ini merupakan suatu perjanjian, dan telah sesuai dengan beberapa ketentuan dalam KUHPerdata, terlebih tentang persetujuan dalam melakukan perikatan. Berdasarkan kesimpulan di atas, maka penulis memberikan saran kepada admin akun instagram @jasaparafrase agar menjalankan bisnis secara transparan. Karena jika berbisnis secara jujur, maka akan memperoleh hasil yang halal mendapatkan keberkahan dari Allah SWT. Serta saran kepada para pengguna layanan jasa parafrase ini agar lebih belajar lagi untuk mengasah kemampuan dalam memparafrase, agar tidak bergantung kepada orang lain sdanterhindar dari hal-hal yang merugikan diri sendiri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Handayani, Vina Marvikavinamarv69@gmail.comC92218178
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuyikno, Suyiknoyicko.88@gmail.com2005077304
Subjects: Hukum Islam > Ijarah
Hukum Islam > Perjanjian
Keywords: Hukum Islam; layanan jasa parafrase
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: VINA MARVIKA HANDAYANI
Date Deposited: 07 Aug 2023 07:13
Last Modified: 07 Aug 2023 07:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64036

Actions (login required)

View Item View Item