Jati diri perempuan berhijab pada konten Tik-Tok analisis keadilan hakiki menurut Nur Rofiah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmawati, Muna (2023) Jati diri perempuan berhijab pada konten Tik-Tok analisis keadilan hakiki menurut Nur Rofiah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muna Rahmawati_E71219052 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Jati diri adalah gambaran atau keadaan tertentu diri seseorang. Fitrah manusia secara alami muncul sejak kecil tersebut merupakan jati diri. Faktor yang mempengaruhi fitrah bawaan ini muncul karena adanya faktor lingkungan dimana seseorang tinggal. Identitas diri merupakan kebutuhan individu manusia untuk menentukan pandangannya terhadap dunia. Di era digitalisasi yang semakin canggih ini pengaruh media sosial dan komunikasi semakin cepat. Media sosial adalah media yang mendukung manusia untuk berinteraksi secara onlen dengan cepat. Salah satu media online yang saat ini berkembang begitu pesat dan menjadi trending public adalah tik-tok. Tik-tok adalah media sosial yang digunakan untuk mengunggah video. Tik-tok telah digunakan oleh beberaapa kalangan baik muda maupun tua. Tidak terkecuali para pengguna tik-tok dari berbagai latar belakang yang berbeda. Seperti Lina Wijayanti yang berlatarbelakang seorang guru, Wiwi Fauziah berlatarbelakang seorang dosen, Siti Munawaroh berlatar belakang seorang pedagang dan Harniati Niar berlatar belakang seorang ibu rumah tangga. Video-video yang di unggah oleh akun @lina.wijayanti, @wifau, @mbak.sitii, @harniati.niar selalu mendapatkan respon postif dari para netizen dan penggemar setianya. Dengan adanya video yang mereka upload di tik-tok para netizen merasa terbantu sekaligus terhibur dengan video yang mereka buat. Melihat dari permasalah tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jati diri perempuan terhadap akun tik-tok @lina.wijayanti, @wifau, @mbak.sitii dan @harniati.niar dan untuk mengetahui jati diri perempuan berhijab analisis keadilan hakiki menurut Nur Rofiah. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa video-video yang diunggah di tik-tok @lina.wijayanti, @wifau, @mbak.sitii, @harniati.niar telah mendapatkan pengalaman biologis dan sosialnya. Sehingga secara hakiki, keempat perempuan ini telah memperoleh haknya sebagai keadilan hakiki perempuan

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmawati, Munamunarahmawati075@gmail.comE71219052
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRochmawati, IdaUNSPECIFIED197601232005012004
Subjects: Gender
Islam
Jilbab
Keywords: Jati diri perempuan; Konten tik-tok; keadilan hakiki Nur Rofiah
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Muna Rahmawati
Date Deposited: 14 Aug 2023 01:52
Last Modified: 14 Aug 2023 01:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64043

Actions (login required)

View Item View Item