Pengembangan perangkat pembelajaran Akidah Akhlak berbasis proyek berorientasi membentuk kecerdasan naturalistik, interpersonal dan spiritual siswa Kelas V Minu Kedungrejo Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hadi, Mohamad Samsul (2023) Pengembangan perangkat pembelajaran Akidah Akhlak berbasis proyek berorientasi membentuk kecerdasan naturalistik, interpersonal dan spiritual siswa Kelas V Minu Kedungrejo Waru Sidoarjo. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mohamad Samsul Hadi_F52319320 ok.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pembelajaran akidah akhlak di MINU Kedungrejo masih menggunakan model konvensional yang masih terpusat pada guru. Perangkat bahan ajar yang digunakan juga kurang menarik dengan materi yang cukup singkat. Pembelajaran yang diterapkan kurang mengapresiasi kecerdasan peserta didik, khususnya pada aspek naturalistik, interpersonal dan spiritualnya. Pada penelitian ini, peneliti mengembangkan perangkat pembelajaran yang dapat membentuk dan mengembangkan tiga kecerdasan tersebut. Penelitian ini bertujuan menjawab rumusan masalah penelitian; 1) Bagaimana proses pengembangan perangkat pembelajaran akidah akhlak pada kelas V MINU Kedungrejo Waru Sidoarjo?, 2) Bagaimana kevalidan hasil pengembangan perangkat pembelajaran akidah akhlak yang dilakukan?, 3) Bagaimana kecerdasan siswa setelah dilakukan pengembangan? dan 4) Bagaimana respon siswa terhadap produk perangkat pembelajaran akidah akhlak yang dikembangkan?. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan data terdiri atas angket, lembar validasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat yang dikembangkan termasuk dalam kategori valid dan layak digunakan dengan skor 0,93 untuk RPP dan 0,87 untuk buku ajar. Selanjutnya berdasarkan analisis data angket kecerdasan secara kuantitatif, sebanyak 96,4% aspek naturalistik, 96,6% aspek interpersonal dan 90,8% aspek spiritual terbentuk. Kemudian sebanyak 88,1% siswa memberikan respon positif terhadap buku ajar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hadi, Mohamad Samsulel.hadee98@gmail.comF52319320
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukaffa, Zumrotulzumrotul_mukafah@yahoo.com2015107003
Thesis advisorHamdani, A. Saepulaseptheaiain@yahoo.co.id; asepsaepulhamdani@uinsby.ac.id2031076501
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Akhlak
Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Keywords: Perangkat pembelajaran; Akidah Akhlak; kecerdasan naturalistik; kecerdasan interpersonal; kecerdasan spiritual
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mohamad Samsul Hadi
Date Deposited: 07 Aug 2023 07:54
Last Modified: 07 Aug 2023 07:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64049

Actions (login required)

View Item View Item