Strategi pengembangan sumber daya manusia dalam meningkatkan mutu lulusan di Markaz Arabiyah dan Pondok Pesantren Mazroatul Lughoh Pare Kediri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fuaidah, Azifatun Nur (2023) Strategi pengembangan sumber daya manusia dalam meningkatkan mutu lulusan di Markaz Arabiyah dan Pondok Pesantren Mazroatul Lughoh Pare Kediri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Azifatun Nur Fuaidah_D73219047 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari kerangka berpikir tentang pengembangan sumber daya manusia dalam meningkatkan mutu lulusan pada bidang pendidikan. Sumber daya manusia sebagai elemen pertama dalam proses pendidikan memerlukan kegiatan pengembangan guna meningkatkan kualitas lulusan yang unggul dan kompeten. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pengembangan sumber daya manusia di Markaz Arabiyah dan Pondok Pesantren Mazro’atul Lughoh Pare Kediri, upaya peningkatan mutu lulusan Markaz Arabiyah dan Pondok Pesantren Mazro’atul Lughoh Pare Kediri serta strategi pengembangan SDM dalam meningkatkan mutu lulusan di Markaz Arabiyah dan Pondok Pesantren Mazro’atul Lughoh Pare Kediri. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan perolehan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan untuk menganalisis serta menguji keabsahan melalui triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) Strategi pengembangan SDM di Markaz Arabiyah dan PondokiPesantren Mazroatul Lughoh dilakukan secara bertahap dan berkesinambungan dengan metode pelatihan yang sama yaitu melalui workshop. Perbedaan diantaranya adalah mengadakan sharing methology berbasis diskusi dan menyediakan beasiswa pendidikan strata dua bagi pendidik di Markaz Arabiyah. Sedangkan, di Ponpes Mazro’atul lughoh menambahkan program studi komparatif dengan lembaga lain serta evaluasi berkelanjutan. (2) Upaya peningkatan mutu lulusan di kedua obyek penelitian didukung oleh beberapa faktor seperti kurikulum pembelajaran yang terpogram, ketersediaan sarana dan prasarana, dan lingkungan yang mendukung. (3) Strategi pengembangan SDM dalam meningkatkan mutu lulusan hampir sama pada dua obyek penelitian ini, titik perbedaannya pada pemberian penghargan kepada pendidik favorit yang dilakukan di Markaz Arabiyah sedangkan tidak dilakukan di Pondok Pesantren Mazro’atul lughoh. Meskipun demikian, strategi pengembangan SDM dalam meningkatkan mutu lulusan di kedua obyek penelitian ini telah membawa dampak positif baik kepada pendidik, peserta didik maupun lembaga. Hal ini dibuktikan dengan kualitas lulusan yang dihasilkan sesuai target masing-masing program yang dijalankan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fuaidah, Azifatun Nuraziffuaidah@gmail.comD73219047
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMa'arif, SamsulUNSPECIFIED196404071998031003
Thesis advisorHuda, Muhammad NurilUNSPECIFIED198006272008011006
Subjects: Manajemen Personalia
Pendidikan
Keywords: Strategi pengembangan sumber daya manusia; mutu lulusan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Azifatun Nur Fuaidah
Date Deposited: 08 Aug 2023 01:53
Last Modified: 08 Aug 2023 01:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64051

Actions (login required)

View Item View Item