This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Agustina, Firda (2023) Peran guru pendidikan agama Islam dalam mengimplementasikan pendidikan karakter Kurikulum Merdeka di UPT SMPN 9 Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Firda Agustina_D01219022 ok.pdf Download (3MB) |
Abstract
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan tujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter dalam kurikulum merdeka di UPT SMP Negeri 9 Gresik, serta peran guru PAI terhadap implementasi pendidikan karakter dalam kurikulum merdeka dan faktor pendukung serta penghambat implementasi pendidikan karakter. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Responden yang diambil dalam penelitian ini yakni terdiri dari kepala sekolah, waka kurikulum, guru pendidikan agama Islam, beberapa guru lain serta siswa. Pendidikan karakter membantu sekolah mencapai tujuannya untuk mengembangkan generasi muda dengan nilai - nilai, rasa tanggung jawab yang kuat, dan kepedulian. Belajar tentang karakter lebih dari sekadar mengajarkan benar dan salah. Yang terpenting, pendidikan karakter membantu siswa memperoleh kebajikan yang memungkinkan mereka bertindak sesuai dengan hak privasi. Dengan kata lain, pendidikan karakter yang mengedepankan kesadaran moral adalah pendidikan yang sesungguhnya. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan yaitu yang pertama, implementasi pendidikan karakter di UPT SMP Negeri 9 Gresik dilakukan melalui kegiatan 3S, sholat berjama’ah, upacara bendera, giat jum’at, serta kegiatan keagamaan. Selain itu juga pendidikan karakter diberikan melalui pembelajaran ketika di kelas dan ketika siswa mengikuti kegiatan ekstrakulikuler. Kedua, peran guru pendidikan agama Islam dalam mengimplementasikan pendidikan karakter yaitu sebagai pembimbing, pendidik, teladan dan juga motivator. Dalam kurikulum merdeka, guru pendidikan Agama Islam juga dituntut menjadi pemimpin dalam pengembangan kehidupan beragama di sekolah dan lingkungan sosialnya. Ketiga, faktor pendukung implementasi pendidikan karakter yaitu berasal dari orang tua serta lingkungan sekitar, sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurang sinkronnya kebiasaan di sekolah dan dirumah, kurang pemahaman tentang pendidikan karakter anak, kemjauan ilmu teknologi serta kurangnya pengawasan orang tua.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan > Peran Guru Pendidikan > Pendidikan - Karakter Pendidikan > Kurikulum |
||||||||||||
Keywords: | Peran; guru pendidikan agama Islam; pendidikan karakter | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Firda Agustina | ||||||||||||
Date Deposited: | 08 Aug 2023 03:38 | ||||||||||||
Last Modified: | 04 Sep 2023 08:48 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64057 |
Actions (login required)
View Item |