Peran guru pendidikan agama Islam dalam mengimplementasikan pendidikan karakter Kurikulum Merdeka di UPT SMPN 9 Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Agustina, Firda (2023) Peran guru pendidikan agama Islam dalam mengimplementasikan pendidikan karakter Kurikulum Merdeka di UPT SMPN 9 Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Firda Agustina_D01219022 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan tujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter dalam kurikulum merdeka di UPT SMP Negeri 9 Gresik, serta peran guru PAI terhadap implementasi pendidikan karakter dalam kurikulum merdeka dan faktor pendukung serta penghambat implementasi pendidikan karakter. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Responden yang diambil dalam penelitian ini yakni terdiri dari kepala sekolah, waka kurikulum, guru pendidikan agama Islam, beberapa guru lain serta siswa. Pendidikan karakter membantu sekolah mencapai tujuannya untuk mengembangkan generasi muda dengan nilai - nilai, rasa tanggung jawab yang kuat, dan kepedulian. Belajar tentang karakter lebih dari sekadar mengajarkan benar dan salah. Yang terpenting, pendidikan karakter membantu siswa memperoleh kebajikan yang memungkinkan mereka bertindak sesuai dengan hak privasi. Dengan kata lain, pendidikan karakter yang mengedepankan kesadaran moral adalah pendidikan yang sesungguhnya. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan yaitu yang pertama, implementasi pendidikan karakter di UPT SMP Negeri 9 Gresik dilakukan melalui kegiatan 3S, sholat berjama’ah, upacara bendera, giat jum’at, serta kegiatan keagamaan. Selain itu juga pendidikan karakter diberikan melalui pembelajaran ketika di kelas dan ketika siswa mengikuti kegiatan ekstrakulikuler. Kedua, peran guru pendidikan agama Islam dalam mengimplementasikan pendidikan karakter yaitu sebagai pembimbing, pendidik, teladan dan juga motivator. Dalam kurikulum merdeka, guru pendidikan Agama Islam juga dituntut menjadi pemimpin dalam pengembangan kehidupan beragama di sekolah dan lingkungan sosialnya. Ketiga, faktor pendukung implementasi pendidikan karakter yaitu berasal dari orang tua serta lingkungan sekitar, sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurang sinkronnya kebiasaan di sekolah dan dirumah, kurang pemahaman tentang pendidikan karakter anak, kemjauan ilmu teknologi serta kurangnya pengawasan orang tua.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Agustina, Firdafirdaa062@gmail.comD01219022
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAssegaf, Abd. Rachmanprofassegaf@gmail.com2012036402
Thesis advisorNiam, Khoirunkhoirunniam@uinsby.ac.id2025077001
Subjects: Pendidikan > Peran Guru
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Pendidikan > Kurikulum
Keywords: Peran; guru pendidikan agama Islam; pendidikan karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Firda Agustina
Date Deposited: 08 Aug 2023 03:38
Last Modified: 04 Sep 2023 08:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64057

Actions (login required)

View Item View Item