Implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran pai bagi anak berkebutuhan khusus (down syndrome) di lembaga kursus dan pelatihan (LKP) quali internasional surabaya (QIS)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitriya, Indah (2023) Implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran pai bagi anak berkebutuhan khusus (down syndrome) di lembaga kursus dan pelatihan (LKP) quali internasional surabaya (QIS). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Indah Fitriya_D01219027.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1). Mengetahui Desain Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran PAI Di Lembaga Kursus Dan Pelatihan (LKP) Quali Internasional Surabaya (QIS). 2) Mengetahui Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran PAI Di Lembaga Kursus Dan Pelatihan (LKP) Quali Internasional Surabaya (QIS). 3) Mengetahui Evaluasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran PAI Di Lembaga Kursus Dan Pelatihan (LKP) Quali Internasional Surabaya (QIS). Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumppulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Responden yang diambil dalam penelitian ini yakni terdiri dari Pimpinan, Kepala Sekolah, serta instruktur atau guru kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan. 1). Desain Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran PAI Di Lembaga Kursus Dan Pelatihan (LKP) Quali Internasional Surabaya (QIS) disesuaikan dengan kondisi setiap peserta didiknya. Mengingat setiap anak Down Syndrome memiliki kognitif, emosioanl, dan penyakit bawaan yang berbeda-beda. Oleh karena itu dalam penyusunannya harus dirumuskan bersama dengan melakukan musyawarah antar pihak internal sekolah, dalam hal ini guru. 2). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran PAI Di Lembaga Kursus Dan Pelatihan (LKP) Quali Internasional Surabaya (QIS) ini tergolong pada kategori mandiri berbagi dengan pemberian keluluasaan kepada satuan pendidikan dan para guru untuk menerapkan kurikulum merdeka dengan pengembangan sendiri dalam hal perangkat ajar ataupun modul ajarnya. Penerapan pembelajaran PAInya sendiri di combine dengan pelatihan motorik halus dan kasarnya. 3) Evaluasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran PAI Di Lembaga Kursus Dan Pelatihan (LKP) Quali Internasional Surabaya (QIS) dilakukan oleh pihak internal dan eksternal. Akan tetapi dalam pembelajaran PAI hanya dilakukan oleh pihak internal saja. Pihak internal dilakukan oleh kepala sekolah, guru dan tenaga kependidikan lainnya. Sedangkan pihak eksternal dilakukan oleh dokter, psikolog dan perawat. Adapun asesmen yang digunakan dalam pembelajaran untuk anak Down Syndrome sama dengan kurikulum merdeka pada umumnya yakni asesmen sumatif, formatif dan diagnostik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitriya, Indahindah.fitriya04@gmail.comD01219027
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDwijo, Al Qudus Nofiandri Eko Sucipto----
Thesis advisorFahmi, Muhammadfahme_yes@yahoo.com2106087701
Subjects: Kurikulum
Pendidikan > Inkuiri
Pendidikan > Pendidikan Anak
Keywords: Implementasi; kurikulum merdeka; down syndrome
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indah Fitriya
Date Deposited: 08 Aug 2023 06:23
Last Modified: 08 Aug 2023 06:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64064

Actions (login required)

View Item View Item