Digitalisasi pondok pesantren salaf: studi multi kasus di Pondok Pesantren Al Fithrah Surabaya dan Mambaul Ulum Bata-Bata Pamekasan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ridho, Ali (2023) Digitalisasi pondok pesantren salaf: studi multi kasus di Pondok Pesantren Al Fithrah Surabaya dan Mambaul Ulum Bata-Bata Pamekasan. PhD thesis, Pascasarjana UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ali Ridho_F03119031 ok.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pesantren salaf selalu diidentikkan dengan lembaga pendidikan Islam yang alergi terhadap produk kemajuan zaman, seperti halnya teknologi. Padahal teknologi di zaman ini menjadi kebutuhan dasar dalam semua aktifitas, baik yang sifatnya pribadi maupun umum, begitupun dengan pesantren salaf yang tidak lepas dengan pengelolaan dan layanan pendidikan yang membutuhkan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk menggali tentang landasan teologis dan sosiologis dari penggunaan teknologi digital di pesantren salaf, bentuk pemanfaat teknologi digitaldan implikasinya terhadap pembelajaran. Rumusan masalah penelitian ini adalah: Pertama, Apa landasan teologis dan sosiologis digitalisasi pondok pesantren Al Fithrah Surabaya dan Mambaul Ulum Bata-Bata Pamekasan? Kedua, Bagaimana pemanfaatan teknologi untuk layanan pendidikan di pondok pesantren Al Fithrah Surabaya dan Mambaul Ulum Bata-Bata Pamekasan? Ketiga, Apa implikasi digitalisasi bagi pembelajaran di pondok pesantren Al Fithrah Surabaya dan Mambaul Ulum Bata-Bata Pamekasan? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan Jenis penelitian studi kasus di pesantren Al Fithrah Surabaya dan Mambaul Ulum Bata-Bata. Metode pengambilan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknis analisis data melalui dua proses, pertama analisis data tunggal dilalui melalui pengumpulan data; reduksi data; penyajian data dan penarikan simpulan. Kedua analisis lintas lokus, dibandingkan dan dipadukan untuk menjadi sebuah temuan. Hasil penelitian adalah Pertama, kedua pesantren salaf mempunyai landasan yang kuat untuk menggunakan teknologi digital sebagai layanan pendidikan baik landasan secara teologis yaitu nash al-Qur>an dan Hadist, serta landasan sosiologis yaitu kesadaran untuk ikut andil mencerdaskan anak bangsa dengan media yang relevan yaitu berbasis teknologi digital. Kedua, Pesantren salaf memanfaatkan fungsi teknologi digital dalam sistem pelayanan pendidikan berupa layanan administrasi dan pembelajaran. Ketiga, dengan teknologi digital para guru semakin kreatif dan inovatif dalam menjalankan proses pembelajaran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ridho, AliAldo.okfor@gmail.comF03119031
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZainiyati, Husniyatus SalamahUNSPECIFIED2021036901
Thesis advisorSyaifudin, MokhamadUNSPECIFIED2013107303
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Administrasi
Pesantren
Teknologi
Keywords: Digitalisasi; pesantren; salaf
Divisions: Program Doktor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ali Ridho
Date Deposited: 08 Aug 2023 06:37
Last Modified: 08 Aug 2023 06:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64067

Actions (login required)

View Item View Item